Pengertian Manhua: Sejarah, Ciri-Ciri dan Plot Cerita

Manhua Adalah

Pengertian manhua adalah istilah yang dipakai untuk menyebut komik yang berasal dari China, Taiwan, dan Hong Kong. Secara umum, manhua yang diproduksi di Cina serta dibaca dari kiri ke kanan, dan yang dibuat di Hong Kong atau Taiwan dibaca dari kanan ke kiri.

Orang yang membuat manhua disebut “manhuajia”. Sama seperti manhwaga Korea, manhuajia Cina memiliki gaya menggambar yang lebih realistis dan berwarna dari pada komik-komik yang dibuat oleh mangaka Jepang.

Manhua digambar dalam warna penuh (full color) dan diterbitkan dalam format digital. Sama seperti komik Jepang, industri manhua beberapa tahun terakhir ini telah banyak mengadaptasi beberapa judul populer untuk dijadikan serial animasi seperti Yi Ren Zhi Xia dan Soul Buster.

Manhua menjadi semakin populer dari hari ke hari sampai merambat ke luar Cina. Meski begitu, tidak seperti manga dan manhwa yang memiliki bermacam-macam tema dan genre, manhua umumnya dikelompokkan dalam empat kategori; politik, komedi, aksi, dan anak-anak. Hal ini membuat manhua sulit bersaing di pasar internasional

Sejarah Manhua

Manhua diperkirakan muncul pada awal abad ke-20 bersamaan dengan diperkenalkannya proses pencetakan litografi. Pada kala itu cerita manhua banyak mengambil kisah-kisa tentang perang Tiongkok-Jepang atau Pendudukan Jepang di Hong Kong.

Dalam sejarah komik, manhua pertama terbit pada tahun 1904 dengan judul “Current Affairs Comics”, membawakan cerita tentang perang dan politik saat itu. Setelah itu pada tahun 1928, majalah manhua pertama lahir, “Shanghai Sketch”.

Majalah ini memicu adegan manhua kecil namun berkembang di Cina daratan dan Hong Kong, dan pada pertengahan 1950-an, publikasi populer kedua, Cartoons World, memasuki pasar. Ini memperkenalkan generasi baru penggemar ke manhua dan memperkuatnya sebagai bagian penting dari budaya nasional.

Setelah Revolusi Cina pada tahun 1949, muncul undang-undang sensor ketat yang membuat manhua mengalami kesulitan untuk diterbitkan secara legal. Undang-undang ini melarang konten-konten berbau politik seperti perang.

Sama seperti pengertian manhwa Korea, manhua telah menjadi korban atas kontrol pemerintah selama bertahun-tahun. Manhua kembali populer di Cina setelah hadirnya platform-platform digital penerbit komik.

Ciri-Ciri Manhua

  • Manhua berasal dari negara Cina.
  • Dibaca dari kiri ke kanan.
  • Kebanyakan manhua diterbitkan secara digital.
  • Manhua memiliki gambar karakter dan background yang berwarna dam cukup mendetail.

Plot Cerita

Manhua memiliki alur cerita yang berbeda dari manga dan manhwa, penyebabnya adalah perbedaan budaya. Rata-rata manhua mengambil tema kultivasi, sebut saja manhua berjudul “Forty Millenniums of Cultivation”.

Kultivasi sendiri bercerita tentang karakter utama yang overpower serta memiliki banyak kekuatan seperti memperbaiki atau menciptakan sesuatu.

Karakter

Manhua menampilkan karakter yang bertubuh khas. Untuk karakter pria memiliki ciri berotot besar, dada besar dengan pinggang sempit.

Sedangkan untuk karakter wanita memiliki tubuh ramping dan tidak ada bagian payudara atau pinggul yang berukuran terlalu besar atau digambar berlebihan. Namun, rata-rata karakter di Manhua adalah tipe model yang tampan dan cantik.

Kesimpulan

Meskipun sempat dibatasi oleh sensor dari pemerintah Cina, manhua entah bagaimana mampu bersaing dengan manga dari Jepang dan manhua dari Korea Selatan.

Keberhasilan manhua menarik penggemar baik dari dalam maupun luar Cina membuktikan bahwa manhua memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh manga dan manhwa.

Bagaimana, apa kamu juga termasuk ke dalam orang-orang yang menyukai manhua? Jika iya, mungkin kamu bisa berbagi tentang manhua favoritmu kepada pembaca ImajiBlog!

Jangan ragu untuk menuliskan pendapatmu tentang manhua di komentar di bawah ya!

Demikian pembahasan tentang pengertian manhua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top