Perbedaan Manga, Manhwa dan Manhua Serta Ciri Khasnya

Perbedaan Manga Manhwa Manhua

Manga, manhua dan manhwa adalah istilah lain dari komik yang digunakan oleh negara Jepang, Korea Selata, dan Cina. Lalu apa perbedaan manga, manhwa dan manhua? Perbedaan yang paling mencolok sih cuma terletak pada bahasa dan negara tempatnya berasal.

Meski pun begitu, selain dari segi bahasa dan tempat asal, ketiga jenis komik tersebut sebenarnya juga memiliki banyak perbedaan mencolok. Perbedaan-perbedaan inilah yang memberi keunikan tersendiri yang membedakan manga, manhwa maupun manhua.

Manga, manhwa, dan manhua bisa menjadi sangat populer di berbagai negara karena penggambaran karakter dan cerita yang dibawakannya begitu menarik. Bagi kamu yang gemar membaca komik pasti sudah pernah membaca berbagai macam judul komik dari ketiga istilah tersebut.

Untuk kalian yang baru saja terjun ke dunia komik, beberapa istilah ini bisa jadi membingungkan. Daripada kalian bingung, mari kita simak perbedaan manga, manhwa dan manhua di bawah ini.

Manga

Manga adalah istilah untuk menyebut komik di negara Jepang dan kreatornya disebut sebagai Mangaka. Manga dikelompokkan ke dalam banyak genre dan sub-genre seperti action, adventure, drama, romance, horror, comedy dan masih banyak lagi.

Selain dari genrenya manga dibagi lagi sesuai dengan demografinya, baik itu usia maupun jenis kelamin. Misal manga shonen yang menargetkan pasar anak laki-laki berumur 10-18 tahun dan manga shoujo yang menargetkan anak perempuan dengan usia yang sama.

Cerita shonen lebih banyak mengambil genre action serta petualangan sebut saja yang paling populer yaitu One Piece dan Naruto. Di lain sisi, shoujo yang dibuat untuk perempuan lebih menampilkan sisi fantasi dan romansa.

Industri Manga

Industri percetakan komik di Jepang telah berkembang pesat sejak tahun 1950-an. Tak main-main, Industri ini menjadi salah satu yang membantu pertumbuhan perekonomian Jepang pasca perang, diperkirakan sebanyak 1.9 miliar manga dalam bentuk buku dan majalah telah terjual pada tahun 1995.

Manga dibuat dan dicetak dalam format hitam putih kemudian diterbitkan di majalah mingguan seperti Shonen Jump. Jika suatu judul manga menjadi populer, maka akan diterbitkan dalam bentuk buku bervolume.

Ciri Khas Gambar Manga

Manga memiliki teknik penggambaran yang berbeda-beda tergantung dengan gaya mangaka yang membuatnya. Meski memiliki style yang berbeda antar mangaka, semua manga dibuat dengan pewarnaan hitam putih dan dibaca dari kanan ke kiri.

Salah satu yang perbedaan gambar yang paling mencolok antara manga, manhwa dan manhua adalah proporsi mata karakternya. Karakter manga digambar dengan mata yang terlihat besar dan lebih unik.

Selain bagian mata, rata-rata tubuh karakter manga cenderung digambar dengan tidak realistis atau fantasi tidak seperti tubuh manusia atau hewan yang ada di dunia nyata. jika kamu pernah membaca atau setidaknya melihat manga One Piece pasti kamu paham maksud saya ini.

Ciri Khas MangaDeskripsi
Mata yang BesarGambar manga sangat terkenal dengan mata karakternya yang sengaja dibuat besar. Ini bertujuan untuk membuat ekspresi karakter jadi lebih keliatan dan dramatis. Saya pribadi suka dengan ekspresi mata para karakter manga, bener-bener bisa ngegambarin perasaan mereka.
Rambut yang UnikBiasanya rambut karakter manga dibuat dengan sangat unik nan kreatif, bisa ada yang panjang sampe melambai-lambai, atau warnanya yang nggak biasa seperti ungu, biru, atau merah.
Gerakan yang Terasa HidupSalah satu yang saya suka dari gambar manga adalah gambarnya yang terasa hidup. Bisa aja karakternya lagi berlari, loncat, atau bahkan ngeluarin jurus maut. Gambarnya diperlihatkan dinamis, kayak nonton aksi dalam bentuk gambar satatis.
Detil Pada Tatanan PanelCara para mangaka biasanya menyusun panel-panel manganya agar terlihat dramatis. Bisa aja ada panel yang cuma fokus di mata karakter, terus panel berikutnya ngezoom ke wajah, dan seterusnya. Intinya, detil-detil dalam setiap panel diatur sedemikian rupa untuk ngasih efek emosional yang maksimal.
Ciri-Ciri Manga

Tema Cerita

Karena memiliki banyak geren dan sub-genre serta beberapa pengelompokan lainnya membuat manga memiliki tema cerita yang sangat beragam, mulai dari cerita fantasi, percintaan, aksi, horor, dan masih banyak lagi.

Perbedaan Manga dari Manhwa dan Manhua

  • Berasal dari Jepang.
  • Yang paling populer diantara ketiga ini. Sering dijadikan inspirasi manhwa dan manhua.
  • Dipublikasikan dalam bentuk cetak.
  • Dibaca dari arah kanan ke kiri.
  • Tidak berwarna dan hitam-putih
  • Genrenya sangat luas mulai dari action, reincarnation, psychological, historical, romance, horror, thriller, politics, isekai dan lain sebagainya.
  • Satu halaman bisa terdiri dari delapan panel atau lebih.

Manhwa

Manhwa adalah istilah yang dipakai untuk komik yang berasal dari Korea Selatan dan seniman pembuatnya disebut dengan manhwaga. Manhwa biasanya diterbitkan secara digital atau lewat Webtoon (webcomic).

Biasanya episode manhwa diterbitkan secara bertahap setiap minggu di platform Webtoon. Genre yang mendominasi Webtoon adalah romance, action dan fantasy.

Cerita manhwa umumnya diambil dari kehidupan sehari-hari masyarakat Korea seperti lingkungan sekolah, sejarah negri sampai budaya kecantikan Korea. Berbeda dengan manga yang dibaca dari kanan ke kiri, manhwa dibaca dari kiri ke kanan.

Industri Manhwa

Komik asal Korea ini berkembang dari masa pendudukan Jepang tahun 1910-1945. Pada era itu beberapa budaya Jepang terbawa ke dataran Korea, salah satunya adalah manga.

Industri manhwa berkembang pesat bersamaan dengan perkembangan teknologi dan internet, tepatnya pada tahun 2000an. Dengan kemunculan berbagai platform baca komik digital seperti Naver Webtoon di tahun 2004 membuat manhwa menjadi populer di Korea Selatan.

Barulah pada tahun 2010an istilah manhwa menjadi semakin popularitas secara global dengan hadinya situs-situs baca manhwa online. Ini dipengaruhi juga oleh peluncuran global LINE Webtoon oleh Naver.

Ciri Khas Gambar Manhwa

Manhwa dibuat dalam bentuk digital dan berwarna memiliki gaya gambar yang cukup detail dengan pewarnaan yang mewah. Karakter manhwa rata-rata digambar dengan semi-realistis atau hampir mirip struktur tubuh manusia (orang Korea).

Karena biasanya terbit secara digital dan kebanyakan dibaca di smartphone, panel gambar manhwa dibuat agar enak dibaca pada layar smartphone pada umumnya.

Ciri Khas ManhwaDeskripsi
Pengaruh Gaya Seni KoreaManhwa biasanya punya ciri khas gaya seni yang kental dengan pengaruh Korea. Karakter-karakternya mungkin lebih terlihat “Korea” dalam penampilan dan desainnya. Warna-warna yang digunakan juga sering lebih beragam dan cerah.
Format WebtoonKebanyakan manhwa dibuat dalam format webtoon, artinya ceritanya bisa di-scroll dari atas ke bawah. Ini bener-bener beda dari format komik biasa yang dibaca dari panel ke panel. Format webtoon cenderung lebih enak untuk dibaca seperti vertical strip, jadi setiap episode bisa baca dengan smooth tanpa klik-klak-klik.
Perhatian pada Detail EkspresiEkspresi karakter dalam manhwa biasanya diperhatikan dengan detail. Mulai dari mata yang penuh emosi sampe gerakan bibir yang sesuai dengan dialog. Jadi, meskipun tidak ada suara, tapi dari ekspresi aja kita sudah bisa menangkap nuansa emosi yang diinginkan.
Romantis dan MelodramatisManhwa banyak dikenal luas dengan tema romantis dan melodramatisnya. Saya suka dengan cara mereka menggambarkan percintaan dan konflik emosional. Jadi berasa nonton drama Korea, tapi dalam bentuk gambar. Kadang baper, kadang senyum-senyum sendiri, ya gimana lagi, karakternya membuat kita berasa ikut ngerasain perasaan mereka.
Genre yang BeragamManhwa punya banyak genre yang beragam, dari action, fantasy, romance, sampe slice of life. Yang paling berkesan untuk saya adalah genre manhwa thriller yang bikin gue tetap scroll terus karena penasaran sama plotnya.
Ciri-Ciri Manhwa

Tema Cerita

Kebanyakan manhwa mengambil tema yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari atau terkait dengan fantasi di dalam dunia game. Manhua umumnya dibumbui dengan cerita percintaan atau cerita penuh aksi tentang karakter utama yang berkekuatan tak tertandingi atau kekuatan super di luar nalar.

Perbedaan Manhwa dari Manga dan Manhua

  • Berasal dari Korea Selatan
  • Menjadi sangat populer setelah perkembangan teknologi meningkat.
  • Dipublikasikan dalam bentuk digital (webcomic)
  • Dibaca dari kiri ke kanan.
  • Genre yang banyak diambil seperti reinkarnasi, action, over power, isekai historical, romance dan lain-lain.
  • Halamannya berupa panel-panel menurun mengikuti perangkat smartphone.

Manhua

Manhua adalah istilah yang digunakan untuk menyebut komik yang berasal dari negeri tirai bambu atau Cina. Cerita yang disajikan kental dengan budaya Cina, manhua dibaca dari kiri ke kanan dan dibuat secara digital serta diterbitkan berwarna.

Industri Manhua

Menurut sejrah, manhua diciptakan pertama kali pada awal abad ke-20. Manhua sering kali mengangkat cerita tentang jaman pendudukan Jepang di dataran Tiongkok. Meski begitu saat ini genre manhua lebih beragam.

Genre manhua seperti wuxia yang bercerita mengenai bela diri dan Xianxia tentang sihir dan dunia fantasi. Sama seperti komik asal Korea Selatan, manhua juga diterbitkan secara digital di berbagai platform webcomic, seperti Vcomic dan QQ Comic.

Ciri Khas Gambar Manhua

Memiliki banyak kesamaan dengan manhwa, karakter manhua sendiri digambarkan dengan mendetail dan penuh warna.

Ciri Khas ManhuaDeskripsi
Pengaruh Budaya TiongkokManhua punya gaya seni yang kuat akan pengaruh budaya Tiongkok yang kental. Kamu bisa lihat desain karakternya sering mencerminkan elemen-elemen dari kebudayaan Tiongkok, seperti pakaian tradisional atau latar belakang yang menggambarkan keindahan alam Tiongkok. Suasana Tiongkok bener-bener terasa lewat gambar-gambar manhua.
Format Vertical StripSama seperti manhwa dari Korea, manhua juga sering menggunakan format strip vertikal. Saya suka format ini karena memudahkan gue untuk baca dengan lancar dari atas ke bawah tanpa hambatan.
Warna yang VibrantSalah satu ciri khas manhua adalah penggunaan warna yang vibrant dan eye-catching. Karakter-karakternya sering kali diberi warna yang mencolok dan cerah.
Plot Fantasy dan AksiKebanyakan manhua sering menonjolkan plot dengan tema fantasy dan aksi yang seru. Setiap karakter sering punya kekuatan khusus yang membuat aksi mereka makin seru dan imajinatif.
Penggambaran Masyarakat Tiongkok ModernBeberapa manhua juga suka menggambarkan kehidupan masyarakat Tiongkok modern, termasuk perkembangan teknologi dan gaya hidup urban. Gue suka baca yang kayak gini karena bisa dapet gambaran yang lebih realistis tentang kehidupan sehari-hari di Tiongkok.
Ciri-Ciri Manhua

Tema Cerita

Manhua memiliki cerita yang lebih banyak mengambil kisah-jisah sejarah dan dunia kultivasi. Tema cerita manhua Cina pada kebanyakan tidak jauh berbeda dengan tema cerita manhwa Korea, yang menjadi pembeda mungkin cuma cara penyampaiannya.

Perbedaan Manhua dari Manga dan Manhwa

  • Baru populer belakangan ini.
  • Dipublikasikan melalui webcomic.
  • Dibaca dari kiri ke kanan.
  • Genre yang umum dipakai seperti cultivation, martial art dengan dibumbui budaya tradisional Cina.
  • Satu halaman satu panel.

Persamaan Manga, Manhwa dan Manhua

  1. Sama-sama berasal dari Asia, khususnya wilayah Asia Timur.
  2. Manhwa, manhua dan manga merupakan media hiburan yang sama-sama telah diterbitkan dalam bentuk cetak maupun digital.
  3. Manga, manhwa, dan manhua mempunyai berbagai macam genre dan tema yang bisa disesuaikan dengan selera pembaca. Mulai dari action, romance, fantasy, slice of life, dan masih banyak lagi, jadi bisa baca sesuai selera.
  4. Ketiganya sering menunjukkan inovasi dalam cerita dan gaya naratifnya. Saya sudah pernah baca beberapa komik dari semua jenis ini yang benar-benar unik dalam penyampaian cerita, entah itu melalui twist yang tak terduga atau cara pengembangan karakter yang out of the box. Bikin selalu penasaran buat terus baca.

Kesimpulan

Dari berbagai pertimbangan di atas, setidaknya bisa disimpulkan bahwa manga, manhwa dan manhua itu berbeda. Manga adalah komik berformat hitam putih asal Jepang yang cara baca dari kanan ke kiri.

Sedangkan manhwa merupakan komik asal Korea yang dibuat dan diterbitkan secara digital. Untuk manhua sendiri adalah komik yang berasal Cina dengan gambar dan pewarnaan yang tajam dan detail.

Meski pun mempunyai banyak perbedaan, baik itu manga, manhwa atau manhua selalu memiliki daya tarik masing-masing yang tidak bisa bandingkan.

Demikian artikel ImajiBlog yang membahas tentang perbedaan mendasar dasar dari ketiga jenis komik tersebut.

Yang paling terlihat berbeda ya pastilah manga, namun jika kamu lebih suka membaca komik Korea Selatan maupun China, pasti kamu lebih mudah membedakan keduanya.

Meskipun punya keunikan masing-masing, tapi semuanya memberikan pengalaman baca yang seru dan beragam!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top