14 Ciri-Ciri Komik dan Penjelasan Secara Singkat

Ciri-Ciri Komik

Untuk mengetahu ciri-ciri komik secara mendalam tentunya kita butuh sebuah penjelasan lengkap dan juga singkat agar mudah dipahami. Oleh karena itu pada artikel ini saya akan membahas tentang ciri-ciri komik.

Agar kita mampu membuat komik yang mampu menarik banyak pembaca, selain harus mengetahui apa itu komik seperti yang sudah saya tulis di artikel sebelumnya, kita juga harus paham apa itu ciri-ciri komik.

Komik adalah cerita bergambar yang dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah kisah. Sebagian besar isi cerita dalam komik disajikan dengan memadukan gambar dan teks narasi atau dialog karakter.

Dengan gambar dan teks narasi di dalamnya, komik mampu membuat pembaca terlibat secara emosional dan merasakan adegan-adegan yang ditampilkan dengal lebih jelas saat membaca.

Untuk membuat komik yang baik, kita perlu tahu mengenai apa saja yang harus ada dalam sebuah cerita komik, dalam kasus ini adalah ciri komik. Lalu seperti apa ciri-ciri komik yang baik? Berikut ini saya telah merangkum beberapa ciri-ciri komik.

Pengertian Komik

Komik adalah suatu seni dua dimensi yang membentuk suatu komunikasi visual dengan fungsi utamanya adalah untuk menyampaikan informasi. Penyajian cerita dalam komik menggunakan gambar dan teks narasi supaya pembaca lebih mudah mengerti dan mudah memahami.

Pembuat komik disebut komikus pada umumnya akan membuat komik pada lembar kerja persegi atau persegi panjang vertikal dan memaksimalkan ruang kosong yang ada untuk meletakkan gambar secara berurutan. Dengan begitu komponen-komponen komik yang telah disusun akan menjadi satu kesatuan cerita menarik.

komik pada dasarnya adalah sebuah hasil dari perpaduan seni dan sastra. Itulah yang membuat komik sering dijuluki dengan istilah karya sastra bergambar. Komik telah beredar di berbagai platform seperti koran, majalah, buku sampai ke banyak media-media digital.

Komik tentunya memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan karya seni dua dimensi lainnya. Untuk membedakan komik dengan karya seni yang lain, berikut ini saya sudah merangkum 11 ciri-ciri dari komik.

Ciri-Ciri Komik

  1. Komik harus mampu menyampaikan cerita yang mengandung pesan dan informasi dengan hanya menggunakan teks dan gambar.
  2. Gambar dan teks narasinya harus tersusun dengan proporsional sehingga dapat membuat pembaca seakan-akan terlibat dan terjun langsung ke dalam cerita.
  3. Penggambaran watak/sifat karakter harus dibuat konsisten atau berkembang seiring berjalannya cerita.
  4. Komik harus menggunakan bahasa dialog karakter atau narasi yang mudah dipahami.
  5. Bahasa yang digunakan dalam komik biasanya tergantung dari negara dan kreatornya, ya. Tapi, bahasa yang paling umum digunakan itu bahasa asal negara pembuatnya.
  6. Penggambaran karakter dalam komik kebanyakan dibuat dengan ekspresi seperti di dunia nyata agar pembaca mudah memahami isi cerita dan menangkap pesan yang akan disampaikan si karakter dalam cerita.
  7. Komik biasanya disisipi humor yang disajikan secara jelas sehingga bisa lebih menghibur pembaca dan umumnya humor yang dibawakan sering terjadi dan ada di masyarakat sekitar.
  8. Teks narasi atau kata-kata dalam komik biasanya disajikan dalam balon-balon dialog yang disesuaikan dengan gambar.
  9. Sering kali gambar dalam komik bersifat tidak baku atau formal dan kadang-kadang dibuat dengan gaya yang unik.
  10. Memiliki panel atau gambar ilustrasi pada halaman yang dikelilingi oleh batas tertentu.
  11. Mempunyai ruang pemisah antar panel.
  12. Umumnya isi cerita komik memiliki pesan moral tertentu.
  13. Memiliki captions untuk menjelaskan suatu tempat/kejadian yang umumnya berada di dalam kotak teks.
  14. Komik biasanya bersifat serba bisa, ya. Maksudnya tak cuma untuk anak-anak aja, tapi juga untuk remaja, bahkan dewasa. Jadi, tergantung tema dan ceritanya, komik bisa nyentuh semua usia.

Itulah pengeertian dan ciri-ciri komik yang baik. Meski pada dasarnya kebanyakan komik memiliki ciri-ciri seperti di atas, namun tetap saja semuanya kembali ke sang komikus itu sendiri. Apakah komikus itu mau menerakpan semua ciri komik tersebut atau tidak.

Setidaknya  kita telah memahami ciri-ciri komik pada umumnya. Jika ada yang menanyakan; “Sebutkan ciri ciri komik…!”, dengan artikel ini sudah pasti kita bisa menjawabnya dengan mudah.

Demikian artikel ImajiBlog ini saya tulis. Semoga bisa memberi pengetahuan dan menambah wawasan bagi teman-teman yang membacanya. Terima kasih…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top