Jenis-Jenis Komik, Contoh dan Pengertiannya

Jenis-Jenis Komik

Jenis-jenis komik ada banyak serta semua jenisnya memiliki kelebihan, kekurangan dan keunikannya masing-masing. Komik adalah salah satu media hiburan yang memiliki banyak peminat karena di dalamnya menggabungkan gambar, teks serta alur cerita.

Seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini komik tidak hanya dibuat dalam bentuk cetak namun juga dapat dibuat dalam bentuk digital. Komik cetak dan digital sendiri memliki Keuntungan dan kekurangan masing-masing.

Komik termasuk golongan seni sastra karena mengombinasikan antara gambar dan teks narasi. Gambar dan narasi inilah membedakannya dari karya seni lain sekaligus menjadi ciri-ciri komik.

Secara umum, komik berfungsi sebagai media untuk menyampaikan suatu informasi lewat gambar ilustrasi dan tema cerita.

Seperti yang sudah saya singgung pada awal paragraf, ada banyak jenis-jenis komik di mana pengelompokannya didasarkan pada argumen-argumen tertantu. Beberapa di antara jenis-jenis komik tersebut sebut saja Kartun, Komik Strip Komik Majalah dan masih banyak lagi jenisnya.

Berikut ini saya telah merangkum jenis-jenis komik serta penjelasannya yang perlu kamu ketahui, jika kamu tertarik dengan komik.. yuk simak jenis dan penjelasannya berikut ini.

Jenis Komik Berdasarkan Bentuknya

Jenis-jenis komik berdasarkan bentuknya terbagi dalam beberapa jenis, berikut penjelasannya:

Komik Strip

Jenis komik strip biasanya hanya terdiri dari tiga sampai enam panel gambar saja tapi tetap bisa menyampaikan informasi atau gagasan cerita yang lengkap. Meskipun panel gambarnya hanya sedikit dan cerita yang disampaikan juga terbilang pendek, komik jenis ini tetap mampu menarik banyak pembaca hanya dengan satu fokus tema seperti peristiwa atau isu-isu yang sedang viral.

Komik strip bisa dengan mudah kita temukan dalam berbagai majalah, koran sampai sosial media para kreator.

Komik Buku

Buku komik merupakan jenis komik yang berbentuk satu buku utuh. Dalam satu buku biasanya menyajikan sebuah cerita yang utuh atau bisa juga ceritanya dibagi lagi menjadi beberapa buku karena memiliki banyak volume atau chapter.

Komik-komik dalam bentuk buku yang beredar di pasaran saat ini kebanyakan menampilkan cerita yang berkelanjutan sebut saja buku komik Naruto dicetak hingga 72 buku. Sedangkan versi digitalnya telah terbit sampai 700 bab.

Komik Digital (Online)

Jenis komik online bisa dengan mudah kita temukan di website atau aplikasi yang terhubung secara online lewat internet. Salah satu platform baca komik online yang paling terkenal di Indonesia adalah Line Webtoon.

Di aplikasi seperti Webtoon ini kita bisa menemukan dan membaca banyak komik digital dari komikus lokal sampai manca negara.

Jenis Komik Berdasarkan Genre

Komik memiliki banyak genre dan sub-genre, berikut ini saya telah merangkum jenis komik berdasarkan genre yang populer belakangan ini:

Genre Misteri

Genre misteri ini selalu dapat memancing rasa penasaran pembaca. Menceritakan sebuah misteri atau teka-teki yang harus dipecahkan oleh seorang tokoh karakter di dalamnya secara berkelanjutan membuat kita terus mengikuti ceritanya untuk mendapatkan jawaban dari sebuah pertanyaan besar dalam cerita.

Genre Non-Fiksi

Sama seperti genre non-fiksi di media hiburan lainnya, komik non-fiksi juga bercerita dengan mengunakan kisah-kisah nyata seperti pengalaman kehidupan sehari-hari. Meski pun demikian, komik bergenre non-fiksi tidak serta merta terkesan monoton. Saat sebuah cerita biasa dibalut dengan seni, cerita itu bisa jadi jauh lebih berkesan.

Genre Fantasi

Genre komik fantasi sangat erat hubungannya dengan kisah khayalan atau dengan sesuatu tema yang tidak benar-benar ada dan hanya ada dalam imajinasi pikiran saja. Komik fantasi umumnya menggunakan tema sihir dan supranatural sebagai plot cerita sekaligus sebagai seting dalam dunianya.

Genre Fiksi-Ilmiah

Genre komik fiksi-ilmiah biasanya bertema dunia futuristik di mana cerita-cerita di dalamnya selalu berkonsep pada penggunaan teknologi canggih, eksplorasi ruang angkasa, perjalanan waktu, sampai peperangan melawan alien.

Fiksi-ilmiah pada dasarnya lebih sering membahas masa depan peradaban manusia, mulai dari masa depan yang menampilkan distopia yang sedang runtuh, atau dunia yang dipenuhi dengan kemajuan.

Genre Action

Komik action sanggatlah popular, karena tema baku aksi yang didominasi oleh adegan pertarungan nan intens hingga bisa membuat pembaca tegang.

Genre Superhero

Komik superhero telah menjadi salah satu genre komik yang paling populer belakangan ini. Jika kamu suka aksi kepahlawanan memberantas kejahatan, kamu bisa dengan mudah memahami kenapa genre ini menjadi begitu populer di berbagai belahan dunia.

Genre Komedi

Genre komik komedi adalah salah satu genre yang banyak digemari oleh siapa saja baik anak-anak maupun orang dewasa. Sesuai namanya genre komedi banyak menampilkan beragam hal yang mampu mengocok perut para pembacanya.

Genre Petualangan

Genre petualangan bercerita tentang perjalanan atau petualangan para tokoh dalam cerita. Petualangan ini biasanya dilakukan dalam rangka mencapai tujuan tertentu seperti mencari, mengejar, memperjuangkan, membela, atau bahkan cuma berpergian tanpa tujuan.

Genre Biografi

Genre komik biografi bertujuan untuk menceritakan kisah hidup seorang tokoh populer ke dalam bentuk komik. Tokoh yang menjadi karakter utama dalam komik jenis ini biasanya terinspirasi dari tokoh-tokoh dunia nyata. Genre biografi erat kaitannya dengan aspek-aspek seperti aspek sejarah, penemu, seni, dan lain sebagainnya.

Jenis-Jenis Komik Berdasarkan Tujuan Dibuatnya

Jenis-jenis komik berdasarkan tujuan dibuatnya terbagi dalam beberapa jenis, berikut penjelasannya:

Komik Edukasi

Selain sebagai media hiburan, komik bisa juga dijadikan sebagai media edukasi baik langsung maupun tidak langsung. Hal ini dikarenakan komik pada awalnya memang dibuat sebagai karya seni yang berfungsi sebagai media informatif.

Komik Promosi (Iklan)

Bagi mereka yang ingin membuat sebuah iklan, Komik bisa jadi salah satu pilihan terbaik dalam melakukan kegiatan periklanan atau promosi sebuah produk. Komik telah lama dijadikan sebagai seni untuk menyampaikan suatu pesan tertentu, oleh karena itu muncul juga komik yang dipakai sebagai media beriklan.

Jenis Komik Lainnya

Komik Kartun/Karikatur

Kartun atau karikatur adalah jenis komik yang mengombinasikan narasi dengan gambar-gambar bergaya nyeleneh yang biasanya bersifat menyindir. Komik karikatur biasa berfungsi sebagai media untuk mengkritik dengan sedikit bumbu humor.

Komik Wayang

Seperti namanya, Komik wayang menceritakan tentang wayang, seperti cerita tentang mahabharata, ramayana dan lain sebagainnya.

Komik Potongan

Jenis komik potongan ini berisi penggalan-penggalan gambar yang digabungkan menjadi satu bagian yang menyusun sebuah cerita. Jenis komik potongan biasanya dibuat dalam seri harian bahkan mingguan secara bertahap. Dengan begitu, pembaca akan menanti tiap episodenya dalam jangka waktu tertentu.

Komik Tahunan

Komik tahunan merupakan jenis komik yang terbit setiap satu bulan sekali atau bahkan seperti namanya bisa terbit satu tahun sekali. Biasanya komik jenis ini merangkum cerita terbaik dari suatu seri atau sebagainya.

Kesimpulan

Sebenarnya masih ada banyak jenis-jenis komik selain yang saya sebutkan di atas mulai dari bentuk, genre sampai tujuan dibuatnya, meski demikian semua jenis-jenis komik tersebut memiliki satu kesamaan yaitu sebagai media untuk menyampaikan informasi atau pesan.

Komik dapat menyampaikan sebuah pesan lewat ilustrasi gambar dan narasi di dalamnya, gambar berfungsi sebagai visualiasi cerita dan narasi sebagai deskripsi cerita.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis komik ini saya tulis! Semoga dengan adanya artikel ini bisa memberi wawasan bagi siapa saja yang membacanya.

Saya ucapkan terima kasih karena sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini sampai selesai, semoga kamu diberi kesehatan sehingga kita bisa berjumpa lagi di artikel-artikel ImajiBlog yang lain…

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top