Manga Kingdom, Cerita Epic Penyatuan Daratan China

Manga Kingdom

Manga Kingdom adalah sebuah seri komik Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yasuhisa Hara. Temanya sendiri menceritakan tentang peperangan antar kerajaan di Tiongkok.

Manga ini pertama kalinya terbit pada tahun 2006 di Weekly Young Jump, majalah khusus manga Seinen yang menargetkan kalangan dewasa.

Mengusung genre action, adventure dan history yang berbumbu dengan adegan kekerasan sampai gore. Kingdom merupakan manga yang mempunyai cerita yang berat

Jika biasanya manga yang mengusung tema China kuno kebanyakan menceritakan tentang kisah 3 Kerajaan yang sangat bersejarah seperti manga Ravages of Time. Manga Kingdom lebih berfokus pada jaman Dinasti Qin, sekitar 400 tahun sebelum kisah 3 Kerajaan yang terkenal itu berawal.

Di jaman itu China dataran terbagi menjadi 7 negara yaitu QIN, CHU, WEI, HAN, YAN, ZHAO dan QI. 7 negara ini terlibat peperangan yang terus bergejolak tanpa henti. Sampai muncullah raja baru dari Qin bernama Ei Sei (Ying Zheng), dia bermimpi untuk menyatukan dataran China di bawah satu kekuasaan.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang manga adaptasi sejarah kerajaan pertama China, yaitu, Kingdom. Ok.. langsung saja kita mulai dengan sinopsisnya..

Sinopsis Manga Kingdom

Manga Kingdom berlatar di Tiongkok abad ke-5, di mana saat itu peperangan antara banyak kerajaan China sedang bergejolak.

Cerita manga ini berpusat  di kerajaan Qin, berawal dengan kudeta yang dilakukan oleh Sei Kyou untuk menggulingkan saudara tirinya sekaligus putra mahkota saat itu, Ei Sei. Meski pun Sei Kyou merupakan saudara tiri Ei Seim, namun mereka tidak memiliki ikatan seperti saudara pada umumnya.

Sei Kyou yang lahir dari permaisuri raja merasa lebih pantas untuk menduduki tahta daripada saudara tirinya yang terlahir dari rahim seorang silir. Perebutan tahta antar dua saudara berbeda ibu ini pun tak terhindarkan.

Sebagai pihak yang menyerang terlebih dahulu, Sei Kyou memiliki keunggulan sampai memaksa Ei Sei untuk kabur dari istana dan bersembunyi di sebuah desa kumuh.

Selama pelariannya, Ei Sei bertemu dengan dua orang bernama Shin (Xin) dan Karyo Ten (He Liao Diao). Singkat cerita dua orang ini berhasil menyelamatkan Ei Sei dari kejaran para bandit. Pada saat itu juga ketiganya menjadi sahabat baik.

Shin yang mempunyai mimpi untuk menjadi seorang jenderal terhebat di kerajaan Qin lalu membantu putra mahkota, Ei Sei untuk naik tahta.

Akhrinya mereka berdua berbagi mimpi dan ambisi. Ei Sei yang telah menjadi raja berambisi untuk menyatukan seluruh China daratan. Sedangkan Shin berjanji membantunya sebagai Jenderal terkuat sekaligus memenuhi mimpinya.

Tak ingin tertinggal oleh kedua teman baiknya itu, Karyo Ten memutuskan untuk menjadi ahli strategi perang kerajaan guna membantu Ei Sei dan Shin di garis depan peperangan.

Mulai dari sinilah masing-masing mereka akan menjadi nama besar yang melegenda dalam sejarah negeri China yang termasyhur.

Review Manga Kingdom

Karena mengusung genre History, maka manga Kingdom banyak mengambil peristiwa-peristiwa besar dalam catatan sejarah. Tentu saja, meski banyak melenceng dari sejarah yang sebenarnya namun Kingdom benar-benar mengagumkan.

Yasuhisa Hara, sang mangaka berhasil menggambarkan peristiwa dalam sejarah dengan impresif.

Yasuhisa mampu membuat plot cerita yang brilian menggunakan garis besar catatan sejarah. Kisah yang penuh perjuangan, Karakter-karakter dalam manga ini sukses menggetarkan emosi siapapun yang mengikuti kisah mereka dari awal.

Para karakter yang terlibat dalam cerita mempunyai kepribadian unik masing-masing, terutama para Jendral di manga ini yang penggambarannya luar biasa badass.

Kingdom Manga
Kingdom Manga

Manga Kingdom tak hanya membuat kamu jatuh hati dengan karakter utamanya saja. Namun kamu juga akan jatuh hati dengan banyak karakter sampingannya.

Tokoh karakter di Kingdom mewakili kecerdasan terbaik untuk membangun kerajaan terkuat di dataran China yang telah ratusan tahun mengalami peperangan.

Jendral militer, prajurit, juru hukum, pedagang, sampai bocah petani akan membuatmu kebingungan menentukan siapa karakter terbaik. Tentu saja saya memilih para jenderal besar soalnya mereka sangat trampil dalam mengambil setiap keputusan yang nantinya akan menentukan akhir dari sebuah perang.

Peperangan yang terjadi digambarkan dengan sangat nyata. Tidak ada kesenjangan kekuatan yang begitu jomplang, misalnya seperti satu manusia bisa mengalahkan ratusan prajurit sendirian. Kekuatan para karakternya dibatasi sampai ke titik bisa di terima logika.

Satu hal yang jelas, manga Kingdom sukses menyalurkan semangat para prajurit di medan perang kepada pembaca. Dan itulah salah satu poin terbaik dari manga ini. Saya sendiri selalu bersemangat setiap bentrok antar kerajaan terjadi.

Epic! Itulah kata yang pantas menggambarkan kebrutalan, pengorbanan dan strategi yang tampil secara sangat keren oleh Yasuhira Hara. Ceritanya seolah-olah mengalir begitu saja.

Mulai dari cerita, karakter, sampai gambar ilustraso, Yasuhisa Hara mampu menggambarkan setiap bagian tersebut dengan baik.

Cerita manga Kingdom sebagian besar memang mengambil konflik peperangan, namun penyebab dari bermulanya perang itu bisa terdeskripsikan secara logis mulai dari politik, ekonomi, hingga sosial.

Overall Kingdom adalah manga dengan cerita epic yang wajib dibaca para penggemar manga.

Karakter Kingdom (Manga)

Berikut merupakan beberapa karakter populer di manga Kingdom:

Ri Shin

Pada awal kemunculannya lebih dikenal sebagai Shin (Xin). Dia merupakan seorang Jenderal kerajaan Qin sekaligus pemimpin tentara Hi Shin.

Memulai dari prajurit rendahan, Shin mampu merangkak naik perlahan dari komandan 100 prajurit, 1000 prajurit hingga 5000 prajurit.

Ei Sei

Merupakan Raja ke-31 kekaisaran Qin. Ei Sei berambisi untuk menyatukan seluruh daratan Tiongkok di bawah dinasti Qin dan menghancurkan semua perbatasan serta mengakhiri perang tanpa akhir di era saat itu.

Ren Pa

Merupakan seorang Jenderal dari kerajaan Zhao. Ren Pa merupakan Jenderal yang tak kenal takut dan haus akan darah.

Meski begitu Ren Pa menunjukkan belas kasih dan kehormatannya yang kuat dengan menyelamatkan Rin Ko muda dari kelaparan dan mengundang Ou Ki ke rumahnya untuk minum.

Duke Hyou

Merupakan Jenderal besar Qin sekaligus pemimpin pasukan Duke Hyou. Dia adalah Jenderal gila yang berperang hanya menggunakan insting liarnya saja.

Dia sering menggunakan taktik kasar untuk memorak-porandakan seluruh medan perang dengan amukannya seperti pasukan berani mati.

Keunikan Manga Kingdom

  • Kingdom bukanlah komik yang bercerita mengenai pertarungan antara si baik melawan si jahat, seperti manga genre Shonen lainnya, namun lebih mengarah ke konflik kepentingan.
  • Kingdom merupakan manga yang terbilang sukses dengan total penjualannya mencapai lebih dari 83 juta kopi.
  • Manga Kingdom meraih Guinness World Record untuk ‘Manga yang ditulis oleh Paling Banyak Orang’ dengan memiliki 1.000 orang penggemar dan seniman yang menggambar ulang volume ke-26.
  • Manga Kingdom pernah menjuarai Tezuka Osamu Cultural Prize pada tahun 2013.

Kesimpulan

Secara kualitas sebenarnya Kingdom bahkan bisa sebanding dengan One Piece, namun sayangnya kepopuleran manga ini masih jauh dari mahakarya buatan Eiichiro Oda tersebut.

Ada beberapa faktor yang membuat manga Kingdom sulit bersaing dengan manga lainnya. Umumnya manga bertema sejarah memang tidak begitu banyak disukai, apa lagi dengan alur cerita yang berat.

Meski plot ceritanya terbilang menarik. Faktor-faktor di atas membuat Kingdom susah bersaing dengan manga populer lainnya.

Walau begitu untuk kalian yang menyukai manga seperti Berserk, Vinland Saga, atau Vagabond, manga Kingdom ini wajib untuk kamu coba.

Apa lagi untuk kamu yang suka dengan game Dynasty Warrior atau kisah-kisah peperangan di kawasan Asia Timur, maka manga ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu baca.

Nah.. itulah pembahasan saya seputar manga Kingdom.

Sampai jumpa di pembahasan ImajiBlog lainnya, terima kasih…

JudulKingdom
JenisManga (Seinen)
StatusPublishing
Diterbitkan26 Januari 2006
GenreAction
SerialisasiYoung Jump
AuthorsYasuhisa Hara (Cerita & Gambar)
Manga Kongdom
Kingdom
manga kingdom 6

Manga Kingdom komik karya Yasuhisa Hara yang mengusung genre action, adventure dan history yang dibumbui dengan adegan kekerasan sampai gore.

URL: https://myanimelist.net/manga/16765/Kingdom

Penulis: Yasuhisa Hara

Peringkat Editor:
4.29

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top