Manga Berserk: Sinopsis dan Review Lengkapnya

Manga Berserk

Manga Berserk adalah sebuah seri komik Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Kentaro Miura. Berlatar di dunia fantasi abad pertengahan, ceritanya berpusat pada karakter Guts, seorang pendekar pedang tunggal, dan Griffith, pemimpin tentara bayaran yang disebut “Band of the Hawk”.

Dengan menggabungkan dunia yang suram dan kisah gelap mampu membuat Berserk sebagai masterpiece dalam dunia manga. Bahkan meski seri ini pertama kali dibuat dalam bentuk prototype pada tahun 1989, kepopulerannya tidak lekang dimakan waktu.

Mengambil latar abad pertengahan, kamu akan melihat banyak sekali jenis senjata, kastel, ksatria dan lain-lain yang dibuat seperti peradaban jaman Medieval. Karena Berserks memakai genre fantasi, maka kamu juga akan melihat berbagai makhluk aneh seperti penyihir, peri, iblis, dan lain-lain.

Berserk sendiri telah menjadi inspirasi dari banyak seri, mulai dari komik, film sampai video game yang mengambil genre sejenis.

Franchise Berserk terbagi menjadi lima alur cerita. Manga orisinalnya memperkenalkan karakter Guts di arc Black Swordsman yang terjadi di tengah-tengah kisah perjalanan balas dendam Guts. Namun secara kronologis, arc Golden Age adalah awal alur cerita Berserk di mulai.

Banyak penggemar setuju arc Golden Age adalah karya terbaik Kentaro Miura dalam hal menyusun plot, adegan aksi, intrik, pengembangan karakter, dan banyak lagi.

Daftar Chapter Berserk (Alur Cerita)

Berserk seperti kebanyakan manga Jepang, terbagi ke dalam beberapa chapter (arc) di mana setiap arc mengangkat tema-tema berbeda serta masalah baru yang harus dihadapi oleh Guts dan karakter lainnya.

Plot Berserk terbagi ke dalam lima alur cerita (chapter/volume) utama, yaitu:

  1. The Black Swordsman (volumes 1-3)
  2. Golden Age (volume 3-14)
  3. Conviction (volumes 14-21)
  4. Falcon of the Millennium Empire (volumes 22-35)
  5. Fantasia (volumes 35-)

Sinopsis Berserk

Berserk menceritakan tentang Guts, seorang pendekar berbalut pakaian serba hitam. Dia selalu membawa pedang sejenis Claymore.

Nama Guts di kenal luas setelah dia berhasil membunuh seorang ksatria terkenal bernama Bazuso. Karena pencapaiannya itu Guts berhasil menarik perhatian Griffith, seorang pemimpin kelompok tentara bayaran bernama Band of the Hawk.

Griffith menawari Guts untuk masuk ke dalam kelompok tentara bayarannya, tapi Guts menolak. Tak ingin menyerah akhirnya Grifftih menantang Guts dalam sebuah duel di mana yang kalah harus bersumpah setia pada sang pemenang.

Dalam duel antar pendekar pedang tersebut, Griffith berhasil mengalahkan Guts, Hal ini membuat Guts mau tidak mau harus menjadi bawahannya.

Setelah Guts bergabung ke dalam Band of the Hawk, kekuatan tempur kelompok itu pun bertambah sampai bisa memenangkan setiap pertempuran yang ada dan membuat kelompok tersebut menjadi terkenal di seluruh penjuru kerajaan.

Manga Berserk Guts dan Griffith
Guts dan Griffith

Band of the Hawk yang awalnya hanya memiliki sedikit tentara kini mulai berkembang pesat sampai bisa merekrut ratusan bahkan ribuan tentara dalam komando Griffith. Karena itulah Griffith dianggap sebagai pria yang dipercayai dapat menciptakan masa depan nan cerah bagi mereka semua.

Pada suatu hari, Griffith membuat suatu kecerobohan yang membuatnya ditangkap dan dipenjarakan oleh sang Raja. Dalam kurung waktu satu tahun dia disiksa sampai Guts, Casca, dan rekan lainnya berhasil menyelamatkannya.

Siksaan yang Griffith terima terus menerus selama di dalam penjara membuat dia menjadi cacat dan tidak lagi memungkinkan untuk menjadi pemimpin bagi kelompoknya lagi.

Tidak bisa menerima kondisinya saat ini, membuat Griffith mengaktifkan Crimson Behelit yang pernah dia dapatkan pada waktu kecil.

Karena Crimson Behelit telah aktif, Griffith dan kelompoknya tiba-tiba terkurung dalam pusaran hitam yang di dalamnya terdapat banyak monster mengerikan (apostle) yang dipimpin oleh God Hand, sang dewa dari para monster tersebut.

Griffith harus memilih antara dua pilihan, memilih untuk terlahir kembali sebagai God Hand dan mewujudkan mimpinya atau pasrah menerima kematian.

Griffith akhirnya memutuskan untuk terlahir kembali sebagai God Hand, namun pilihan itu harus dibayar mahal, dia harus mengorbankan semua bawahannya di Band of the Hawk tak terkecuali Guts dan Casca di dalamnya. Penumbalan tersebut juga sebagai upacara eclipse.

Upacara eclipse dengan seluruh anggota Band of the Hawk yang mendapatkan tanda di tubuh mereka, tanda ini menyimbolkan bahwa mereka telah dijadikan tumbal oleh orang yang memulai ritual tersebut.

Orang dengan tanda ritual tersebut akan disantap hidup-hidup oleh parah monster dan roh jahat. Eclipse akan selesai setelah God Hand yang baru telah terlahir.

Ikut menjadi korban, Guts dan Casca mesti melihat teman-temannya terbantai secara brutal di hadapan mereka.

Setelah Griffith terlahir kembali menjadi God Hand bernama Femto, ritual itu pun berakhir dan hanya menyisakan Guts dan Casca.

Manga Berserk God Hand
Griffith dan Casca Berserk

Griffith yang telah menjadi God Hand tiba-tiba mulai memperkosa Casca di hadapan Guts yang sedang terjepit di dalam genangan darah anggota Band of the Hawk yang telah tewas.

Guts pun memotong tangan kirinya yang terjepit untuk menyelamatkan Casca sekaligus menghentikan Griffith. Sayangnya usaha Guts tersebut sia-sia, dia harus menderita melihat wanita yang ia cintai menderita sampai akhir termasuk kehilangan salah satu matanya.

Pada akhirnya Guts dan Casca berhasil selamat, mereka diselamatkan oleh Skull Knight. Meski mereka berdua berhasil selamat, Guts harus menerima kenyataan pahit. Sosok yang dia cintai menjadi gila dan memiliki rasa takut ekstrem saat ada laki-laki yang coba mendekatinya.

Setelah pristiwa mengerikan itu, Guts mengembara sambil memburu para iblis. Dengan amarah di matanya, tujuan hidup Guts kini cuma satu, yakini membalaskan dendam pada seseorang yang telah mengkhianatinya.

Manga Berserk Guts Bertarung
Guts Berserks

Guts memilih mengembara dan membalaskan dendamnya dikarenakan tanda dari ritual sebelumnya yang membuat dia harus hidup dalam batas antara dunia manusia dengan dunia orang-orang mati. Ini mengakibatkan roh-roh jahat akan terus bermunculan dan mencoba untuk melahap tubuh Guts setelah matahari terbenam.

Mulai dari sinilah petualangan Guts sebagai “The Black Swordsman” untuk melawan takdir suramnya berawal. Banyak momen-momen epik dalam Berserk yang tidak hanya mengesankan, tetapi juga penuh dengan emosi .

Review Manga Berserk

Berserk berhasil menampilkan sebuah cerita epic dari kisah hidup Guts. Semuanya tertata dengan baik, mulai dari latar belakang Guts sampai pertemuannya dengan Griffith yang memberinya kemanusiaan.

Sang mangaka Kentaro Miura mampu mendeskripsikan bagaimana sang karakter utama ditakdirkan untuk menjadi seorang pejuang, dan berkembang seiring dengan perjumpaannya dengan karakter-karakter baru.

Kisah pilu Guts saat masih anak-anak diceritakan dengan pas, tidak dilebih-lebihkan seolah-olah karakter paling tragis atau sebagainya. Masa kecil Guts terbilang penuh trauma, namun dia masih bisa tersenyum, menampilkan kegigihan dan optimisme.

Latar belakang Guts merupakan dasar dari kepribadiannya dan caranya berpikir.

Dari kisah balas dendam dan perburuan roh jahat pada arc “The Black Swordsman”, perlahan berubah menjadi drama penuh tragedi dalam arc “Golden Age Arc”.

Dari seorang anak-anak yang tidak memiliki apa pun berubah perlahan setelah menemukan persahabatan dan cinta manusia. Sampai akhirnya dunia merenggut semua yang dia miliki hingga hanya menyisihkan amarah dan dendam

Dengan premis dan motivasi karakter yang kuat, saya tanpa ragu akan merekomendasikan manga Berserk untuk orang-orang yang menyukai tema cerita dark fantasy.

Berserks
Guts Berserk

Tapi bagi orang yang tidak menyukai manga sejenis ini, Berserk mungkin akan terlihat seperti sekedar cerita bernuansa gelap yang menampilkan banyak pertumpahan darah dan potongan tubuh.

Sebenarnya mangaka Berserk, Kentaro Miura sendiri mengakui dalam sebuah wawancara bahwa Berserk pada awal memang dibuat sekedar untuk debutnya sebagai mangaka. Namun manga ini malah terus berlanjut melebihi dari yang telah dia rencanakan.

Berserk terbukti menjadi salah satu manga paling populer di jamannya. Kesuksesan ini tidak membuat sang mangaka terlena.

Kentaro Miura terus mengembangkan cerita dari yang tadinya hanya sekedar karya debut, sekarang malah menjadi suatu kisah penuh tragedi dari perjuangan seorang manusia.

Kamu bisa membaca artikel saya tentang “10 Alasan Mengapa Kamu Harus Membaca Manga Berserk” jika kamu tertarik dengan manga ini.

Karakter Berserk

Berserk adalah salah satu manga populer yang memiliki karakter-karakter yang sangat menarik dan kompleks. Berikut adalah karakter paling populer di Berserk:

1. Guts

Merupakan karakter yang memancarkan aura kegagahan dengan baju besi keren, pedang pembunuh naga yang ikonis, gaya pertarungan yang bersemangat, dan sifat karakter yang kasar dan brutal.

Guts sudah membunuh ribuan musuh dan menjalani kehidupan yang mengenaskan, tapi meski begitu tak ada yang bisa mematahkan semangatnya.

2. Griffith

Merupakan karakter yang penuh intrik di awal cerita arc Golden Age, Griffith telah menjadi karakter Berserk yang sangat menarik dalam cerita.

Dia penuh percaya diri, cerdas, terampil, dan sangat ambisius dalam pencariannya untuk membangun kerajaannya sendiri.

3. Skull Knight

Sang Skull Knight memiliki segalanya mulai dari dialog yang keren dan pesan misterius hingga baju besi, pedang Behelit, dan aura misterius yang memikat tentang dirinya.

Meski jarang tampil, namun setiap kali dia muncul, para penggemar Berserk terkagum-kagum melihat kedatangan karakter keren satu ini.

Jika kamu tertarik dengan karakter-karakter Berserk dan kisah-Nya, kamu bisa membaca artikel tentang daftar karakter Berserk dan kisah hidupnya hanya di ImajiBlog.

Fakta Menarik Manga Berserk

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai manga Berserk:

  1. Manga Berserk dibuat oleh Kentaro Miura pada tahun 1989.
  2. Cerita dari manga Berserk berkisah tentang Guts, seorang prajurit yang berjuang melawan kejahatan dan kekejaman di dunia yang kejam.
  3. Guts merupakan protagonis utama dari manga Berserk dan dikenal dengan kekuatannya yang luar biasa.
  4. Berserk merupakan salah satu manga terpopuler di Jepang, dengan lebih dari 40 juta kopi yang telah terjual di seluruh dunia.
  5. Manga Berserk telah diadaptasi menjadi berbagai macam produk multimedia, termasuk serial anime, game video, dan film live-action.
  6. Berserk merupakan salah satu manga dengan tema sejarah dan fantasi yang paling populer di Jepang, dengan penggemar yang tersebar di seluruh dunia.
  7. Cerita dari manga Berserk dikenal dengan tema-tema yang berat, seperti kekerasan, kebencian, dan trauma, yang mungkin tidak cocok untuk pembaca muda.
  8. Meskipun terkenal dengan tema-tema yang berat, manga Berserk juga dikenal dengan karakter yang kuat dan hubungan yang kompleks antara tokohnya.
  9. Manga Berserk juga dikenal dengan desain karakter dan latar yang indah, serta jalan cerita yang menantang.
  10. Manga Berserk masih terus diterbitkan hingga saat ini, dengan lebih dari 40 volume yang telah diterbitkan.

Movie dan Anime Berserk

Sama seperti kebanyakan manga populer lainnya, Berserk juga pernah dibuat dalam seri anime dan movie. Meski sayangnya kebanyakan berakhir dengan kritik buruk penggemar.

Banyak penggemar kecewa saat menonton anime maupun film-film Berserk, sebab unsur-unsur yang membuat Berserk menarik hanya diadaptasi sekitar 30% dari keseluruhan cerita. Hal ini bisa dikarenakan adanya berbagai sensor berlebih dan pengembangan adaptasi yang buruk.

Tapi bagi kamu yang sangat ingin menonton Berserk versi animasi, saya sarankan untuk menonton anime Berserk tahun 1997 karena pada era itu kebijakan sensor masih belum terlalu ketat.

Penutup

Demikian sinopsis dan review manga Berserks ini saya buat. Saya berusaha mengambil inti dari keseluruhan cerita dan menjabarkan hal-hal yang mungkin meninggalkan kesan mendalam di benak pembaca manga Berserk.

Saya sendiri masih beranggapan kata-kata dalam paragraf yang telah saya susun sedemikian rupa ini tidak akan pernah cukup atau mampu untuk mengungkapkan pesan sebenarnya yang ingin disampaikan sang kreator manga Berserk.

Saya harap tulisan ini bisa menjadi apresiasi saya terhadap mahakarya Kentaro Miura, sang mangaka yang telah melahirkan sebuah masterpiece bernama Berserk.

Sekian dari saya, sampai jumpa di pembahasan mengenai manga lainnya di ImajiBlog.

Terima kasih.

JudulBerserk
JenisManga (Seinen)
StatusPenerbitan
Diterbitkan25 Agustus 1989 – ?
GenreAction, Adventure, Award Winning, Drama, Fantasy, Horror, Supernatural
SerialisasiYoung Animal
AuthorsKentarou Miura (Cerita & Gambar), Studio Gaga (Gambar)
Manga Berserk
Berserk
manga berserk

Manga Berserk adalah sebuah seri karya Kentaro Miura. Berlatar di dunia fantasi abad pertengahan, ceritanya berpusat pada karakter Guts.

URL: https://myanimelist.net/manga/2/Berserk

Penulis: Kentarou Miura

Peringkat Editor:
4.9

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top