Manga Chainsaw Man, Cerita Aksi Penuh Darah

Manga Chainsaw Man

Chainsaw Man adalah seri manga shōnen yang ditulis dan diilustrasikan sendiri oleh Tatsuki Fujimoto. Manga ini dimuat ke dalam beberapa berseri di majalah Weekly Shōnen Jump terbitan Shueisha sejak akhir tahun 2018. Bab kedua manga ini di terbitkan pada bulan Juli 2022.

Berlatar dunia di mana iblis merupakan perwujudan dari rasa takut manusia. Manga Chainsaw Man mengusung genre action, supranatural, dark fantasy dan berpadu dengan adegan-adegan gore serta sedikit komedi.

Judul Chainsaw Man semakin populer semenjak mendapatkan adaptasi anime pada tahun 2022. Kepopuleran adaptasi anime ini tak lepas dari pencapaian-pencapaian manganya.

Manga Chainsaw Man pernah memenangkan penghargaan Manga Shogakukan ke-66 dalam kategori shōnen dan kategori manga terbaik pada tahun 2021-2022 dalam Harvey Awardsdalam.

Cerita Chainsaw Man secara keseluruhan telah menerima banyak kritik positif baik oleh para pembaca komik maupun para kritikus.

Mulai dari segi cerita, karakter, humor, dan adegan-adegan aksi di dalamnya. Semua itu merupakan poin-poin penting yang membuat manga Chainsaw Man bisa sukses di pasaran.

Bagi kamu yang tertarik dengan seri Chainsaw Man, dalam artikel kali ini saya telah membuat rangkuman sinopsis serta review singkatnya untuk kamu yang mungkin saja penasaran dan ingin membaca manga atau pun menonton anime Chainsaw Man.

Sinopsis Chainsaw Man

Alur cerita Chainsaw Man berpusat pada konflik antara Pemburu Iblis (Devil Hunter) dan Iblis (Devil) yang meneror umat manusia.

Mengikuti kisah Denji, seorang pemuda yang mempunyai impian untuk hidup bahagia dan damai, serta menghabiskan hidupnya bersama wanita yang dia sukai. Namun kenyataannya, Denji hidup sebagai seorang yatim piatu miskin yang menjadi suruhan Yakuza, kebanyakan pekerjaannya adalah untuk membunuh iblis.

Denji melakukan pekerjaan ini bukan karena ingin, tapi dia terpaksa menjadi pemburu iblis untuk melunasi hutang yang besar peninggalan ayahnya. Bersama dengan iblis peliharaannya, Pochita sebagai senjata, Denji siap melakukan apa pun demi menghasilkan sedikit uang.

Denji memiliki peliharaan bernama Pochita, seekor anjing iblis yang pernah dia selamatkan sebelumnya. Pertemuan Denji dengan Pochita terjadi saat dia mengunjungi makam sang ayah, saat itu Pochita muncul dengan badan berlumuran darah.

manga chainsaw man 1 1
Denji dan Pochita, Anime Gergaji

Denji yang mengetahui kalau Pochita adalah iblis, meminta Pochita yang sekarat untuk meminum darahnya. Semenjak itu, Denji dan Pochita hidup bersama sebagai sahabat.

Suatu hari, Denji dijebak oleh Yakuza yang mempekerjakannya, dia dibawa ke sebuah gudang yang terbengkalai untuk melakukan sebuah pekerjaan. Namun sesampainya di sana Denji malah berhadapan dengan kerumunan iblis zombie.

Denji yang tidak mampu melawan gerombolan iblis tersebut akhirnya berakhir menuju kematian. Dalam kondisi hidup dan mati, Denji menyampaikan wasiatnya kepada Pochita.

Pochita yang tidak ingin melihat sahabat satu-satunya itu mati memutuskan untuk membuat kontrak dengan Denji. Kontrak itu membuat Pochita menjadi jantung baru bergabung dengan tubuh Denji.

Denji yang menyatu dengan Pochita membuatnya menjadi manusia setengah iblis yang bisa mengubah bagian tubuhnya menjadi gergaji, khususnya kepala dan kedua tangannya.

Kehidupannya berubah untuk selamanya saat tubuhnya menyatu dengan anjing iblis peliharaannya, Pochita.

Denji yang baru saja mendapatkan kekuatan iblis gergaji langsung membabi buta menghabisi para iblis zombie yang hampir membunuhnya tersebut. Dari sinilah julukan Manusia Gergaji atau Chainsaw Man berasal.

Setelah kejadian tersebut Denji bertemu dengan Makima, seorang wanita yang bekerja untuk Biro Keamanan Publik (Public Safety Division 4). Denji pun ditawari pekerjaan di Biro ini.

Dari sinilah kisah Denji sebagai Chainsaw Man di mulai, dia bertugas bersama Power, Aki Hayakawa, Himeno, Kobeni Higashiyama, dan Hirokazu Arai dalam debutnya menjadi pemburu iblis.

Meski menghadapi musuh-musuh yang sangat kuat sekalipun, tidak akan membuat Denji gentar, bahkan jika musuhnya abadi, Denji akan terus mencabik-cabiknya sampai sang musuh memohon untuk mati.

Review Chainsaw Man

Chainsaw Man berhasil membawakan konsep dunia fantasi yang berkisah tentang perseteruan antar iblis dan manusia dengan warna baru.

Konsep Iblis dalam cerita Chainsaw Man sedikit berbeda dengan manga lainnya. Iblis di sini muncul sebagai perwujudan rasa takut umat manusia.

manga chainsaw man 7
Manga Chainsawman

Misal jika manusia takut dengan senjata api maka akan terlahir Iblis Senjata Api (Devil Gun) yang kekuatannya akan bertambah sebanyak orang yang takut kepada senjata api.

Devil Gun sendiri diceritakan pernah membantai jutaan orang dalam satu waktu, untungnya iblis ini berhasil dikalahkan. Di dunia Chainsaw Man sendiri keberadaan senjata api sangat terbatas untuk mencegah Devil Gun terlahir kembali.

Selain menjadi perwujudan ketakutan manusia, iblis juga bisa bekerja sama dan membuat kontrak dengan manusia. Kontrak ini dibuat dengan syarat tertentu, umumnya manusia yang melakukan kontrak harus membayar dengan bagian tubuhnya untuk mendapat kekuatan sang iblis.

Jika kamu penggemar manga Chainsaw Man, kamu pasti menyadari kalo kebanyakan karakter pemburu iblis telah kehilangan bagian tubuhnya.

Mulai dari mata, tangan, organ tubuh sampai mengambil umur si pembuat kontrak. Semua itu menjadi syarat demi mendapat kekuatan sang Iblis. Konsep seperti ini membuat seri Chainsaw Man lebih stand out dan realistis.

Selain konsep latar dunia, konsep karakter pun juga terbilang unik.

Berbeda dengan kebanyakan karakter utama manga shōnen lainnya, Denji tidak memiliki impian yang muluk-muluk seperti menjadi Raja Bajak Laut atau pun Hokage, dia hanya ingin kehidupan sederhana nan damai.

Meski mengalami banyak hal buruk di masa lalu, Denji menjalani kehidupan barunya dengan cukup santai. Denji bahkan bisa bahagia hanya dengan hal-hal sederhana, seperti saat dia akhirnya merasakan roti dengan selai di atasnya.

Selain protagonis utama kita, Denji, manga ini tentunya juga memiliki karakter-karakter ala manga Shonen. Ada karakter yang temperamen, ada karakter dengan pembawaan dewasa, ada karakter misterius, ada karakter yang punya kekuatan besar dan lain sebagainya.

Karakter-karater inilah yang menjadi kekuatan manga Chainsaw Man, sifat karakternya digambarkan begitu hidup dan menjadikan ceritanya tak berpusat hanya pada premisnya saja.

Alur cerita manga Chainsaw Man dikembangkan dengan cukup apik, berjalan maju seiring dengan perkembangan karakter. Misterinya terungkap perlahan, tahap demi tahap.

Dengan menampilkan adegan-adegan aksi penuh kekerasan, membuat para pembaca terkesima mengikuti kisah Denji sebagai Chainsaw Man.

Mangaka Tatsuki Fujimoto

Tatsuki Fujimoto adalah salah satu dari sedikit mangaka yang saya ikuti karyanya. Kebanyakan manga karya belian berjenis One-Shot dalam berbagai genre.

Chainsaw Man karya Tatsuki Fujimoto telah menjadi salah satu manga action terbaik yang pernah saya baca.

Karakter Chainsaw Man

Chainsaw Man memiliki cukup banyak karakter yang menarik, berawal dengan Denji, sebagai sang protagonis cerita, tentu saja bersama Pochita, Iblis gergaji peliharaannya.

Selain Denji dan Pochita, berikut adalah karakter pendukung penting dalam cerita Chainsaw Man:

Makima

Makima Chainsaw Man
Makima Chainsaw Man

Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa Makima adalah salah satu karakter paling populer dalam manga Chainsaw Man, dia bekerja untuk Biro Keamanan Publik. Makima memegang peranan terpenting penting dalam cerita.

Makima inilah yang mengubah hidup sang karakter utama Chainsaw Man dan menawarinya pekerjaan, meskipun sebenarnya dia memiliki maksud terselubung di setia tindakannya itu.

Aki Hayakawa

Aki Hayakawa Chainsaw Man
Aki Chainsaw Man

Denji ditugaskan di bawah komando seorang pria bernama Aki Hayakawa. Saat masih kanak-kanak dia mengalami kejadiaan naas di mana seluruh keluarganya terbunuh dalam insiden yang melibatkan Iblis (Gun) Senjata Api.

Tujuan Aki bergabung menjadi pemburu iblis di Biro Keamanan Publik demi membalaskan dendamnya kepada Iblis Senjata Api yang telah merenggut nyawa keluarganya.

Power

Power Chainsaw Man
Power Chainsaw Man

Adalah seorang Iblis Darah (Blood Fiend), yang berarti Power memiliki kemampuan dalam memanipulasi darah makhluk hidup. Bersama Denji, dia bertugas ke dalam tim Aki dan hubungan mereka bertiga pun semakin erat dari waktu ke waktu.

Himeno

Himeno Chainsaw Man
Himeno Chainsaw Man

Merupakan seorang pemburu iblis, Himeno bekerja di bawah komando Makima. Dia digambarkan sebagai gadis muda berambut pendek dengan warna gelap, serta mengenakan penutup mana di sebelah kanan.

Himeno sendiri merupakan karakter yang selalu bersikap tenang dalam menghadapi segala situasi. Bahkan di situasi yang paling menegangkan sekali pun, dia tetap terlihat tenang.

Karakter Pendukung Lainnya

Selain karakter-karakter di atas, Tatsuki Fujimoto sang mangaka Chainsaw Man juga membuat beberapa karakter menarik lainnya yang seharusnya cukup untuk membuat penggemar bersemangat mengikuti cerita manganya.

Beberapa karakter lain seperti Kobeni, Kishibe, dan beberapa karakter lainnya terbukti menjadi favorit para pembaca manga.

Alasan Kenapa Kamu Harus Baca Manga Chainsaw Man

Anime Chainsawman
Chainsawman Pinterest

Bagi kamu yang mungkin tertarik dengan manga Chainsaw Man setelah membaca sinopsis dan review di atas namun masih ragu-ragu. Berikut ini saya berikan alasan mengapa kamu harus membaca manga Chainsaw Man:

  • Alur ceritanya menegangkan serta alur yang tidak bisa ditebak. Bahkan karakter yang awalnya kita anggap baik, rupanya punya agenda jahat yang disembunyikan.
  • Cerita tak sebatas konflik antara manusia dan iblis. Semakin jauh akan semakin menarik.
  • Gaya gambar sesuai dengan ciri khas Tatsuki Fujimoto, kelebihannya adalah membuat page spread sinematik.
  • Desain karakter yang mengagumkan, terdapat banyak karakter unik dengan kekuatan dan latar belakang yang menarik. Sebut saja Power yang nyentrik, sangat polos, dan kocak serta Aki seorang pacifist berhati lembut.
  • Tatsuki Fujimoto, sang mangaka tidak akan ragu membunuh karakter-karakter penting selama cerita berlangsung. Banyak karakter dihabisi tanpa belas kasih.
  • (SPOILER!) Bab pertama manga Chainsaw Man diakhiri dengan sangat mengejutkan (plot-twist).

Kesimpulan

Secara keseluruhan, manga Chainsaw Man adalah komik sangat menarik untuk dibaca.

Bagi sebagian orang gaya gambar khas Tatsuki Fujimoto mungkin dianggap kurang mencolok, begitu pula penggunaan dialognya yang sederhana.

Namun terlepas dari semua itu, manga Chainsaw Man berhasil menanamkan impresi yang solid dengan menghadirkan premis cerita segar.

Nah.. itulah sinopsis dan review manga Chainsaw Man dari saya. Jika kamu tertarik, kamu bisa membaca manga Chainsaw Man untuk mengikuti kisah Denji sebagai Manusia Gergaji.

Jika kamu tertarik dengan pembahasan seputar manga, kamu bisa mengikuti ImajiBlog untuk mendapatkan update terbarunya..

Terima kasih…

JudulChainsaw Man
JenisManga (Shounen)
StatusOn-Going
Diterbitkan3 Desember 2018 – ?
GenreAction, Supernatural
SerialisasiShounen Jump+
AuthorsTatsuki Fujimoto (Cerita & Gambar)
Manga Chainsaw Man
Chainsaw Man
manga chainsaw man 9

Manga Chainsaw Man adalah komik yang ditulis dan diilustrasikan sendiri oleh Tatsuki Fujimoto. Manga memiliki genre action dan dark fantasy.

URL: https://myanimelist.net/manga/116778/Chainsaw_Man

Penulis: Tatsuki Fujimoto

Peringkat Editor:
4.5

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top