Manga Vinland Saga, Kisah Balas Dendam Tak Kesampaian

Manga Vinland Saga

Manga Vinland Saga merupakan seri komik Jepang yang bertema sejarah para Viking karya Makoto Yukimura. Manga ini terbit berseri dalam majalah Weekly Shōnen Magazine terbitan Kodansha, sebelum akhirnya berpindah ke majalah manga bulanan Afternoon.

Vinland Saga berlatar tempat di daerah sekitar Inggris yang dikuasai Denmark pada awal abad ke-11, dan mengisahkan tentang para pejuang Inggris yang berasal dari Denmark, umumnya dikenal sebagai Viking.

Meskipun berlabel cerita sejarah, manga Vinland Saga tidak menceritakan sejarah sebenarnya. Ceritanya mengambil peristiwa bersejarah naiknya Raja Knut ke takhta dengan menambah dramatisi.

Alur ceritanya berpusat pada Thorfinn, seorang Viking muda yang berambisi membalaskan dendamnya atas kematian ayahnya, Thors, seorang mantan prajurit yang terkenal kuat.

Manga yang mengusung genre action, adventure dan history ini sangat populer di kalangan pembaca yang menyukai komik dengan tema aksi dan sejarah. Kepopulerannya membuat Vinland Saga mendapat adaptasi seri anime pada tahun 2019.

Nah.. pada kesempatan kali ini saya akan membahas seputar sinopsis, review dan karakter-karakter yang ada dalam manga Vinland Saga.

Pembahasan ini saya buat untuk kamu yang penasaran dengan cerita Vinland Saga. Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Sinopsis Vinland Saga

Manga Vinland Saga mengambil latar waktu sekitar tahun 987 di wilayah Inggris. Selama ratusan tahun, nama Viking telah menyebar luas dan terkenal sebagai klan kuat yang haus akan kekerasan. Mereka juga terkenal sebagai prajurit ganas yang mengarungi lautan.

Cerita berawal dari Thor, seorang kesatria Viking yang terkenal gagah, ganas serta tidak punya belas kasih kepada lawan-lawannya. Dia adalah seorang komandan Viking yang tak terkalahkan di medan perang.

Meski terkenal bengis dan tak kenal ampun, sebenarnya Thors sudah lelah menyaksikan kekerasan dan kematian yang ada di depan matanya. Hingga pada suatu peperangan, Thors memalsukan kematiannya dan kabur bersama istrinya ke sebuah wilayah terpencil di Islandia.

Di tempat terpencil ini, dia tak lagi terbebani oleh peperangan dan rasa bersalah setelah mengambil nyawa manusia.

Thors meninggalkan semua kejayaannya demi memiliki kehidupan yang damai bersama istrinya, Helga. Beberapa tahun kemudian Helga melahirkan anak keduanya yang dia beri nama Thorfinn putra Thors.

Thorfinn selalu bermimpi untuk pergi dari desanya yang penuh salju dan es untuk mencari dataran surga nan subur, hangat dan bebas dari peperangan yang bernama Vinland.

Hingga pada suatu hari, datanglah armada kapal Viking yang dipimpin oleh Floki, dia merupakan mantan rekan Thors di masa lalu. Floki datang meminta Thors ikut bergabung bersama pasukan Kerajaan Denmark untuk menginvasi kerajaan Inggris.

vinlandsaga
vinlandsaga

Dari ajakannya itu, sebenarnya Floki mempunyai niat terselubung untuk membunuh Thors sebagai hukuman atas kaburnya Thor dalam perang lima belas tahun sebelumnya.

Thorfinn si anak Thors yang masih polos diam-diam menyelinap masuk ke kapal ayahnya dan berlayar bersama mereke menuju medan perang.

Setelah berlayar berhari-hari, kapal itu pun tiba di Kepulauan Faroe. Mereka disergap oleh sekelompok tentara bayaran yang dipimpin oleh Askeladd. Dia bersekongkol dengan Floki untuk membunuh.

Bentrokan antara armada Askeladd dan Thors pun tak terhindarkan. Thors yang menyadari kalau dirinya yang diincar, memutuskan untuk melakukan duel satu lawan satu dengan Askeladd.

Menggunakan keterampilan serta kelicikannya, Askeladd berhasil mengalahkan Thors yang sudah kelelahan. Melihat ayahnya terbunuh, Thorfinn bersumpah untuk balas dendam kepada Askeladd.

Thorfinn lantas menyelinap ke armada kapal Askeladd untuk membunuhnya. Namun pada akhirnya Thorfinn malah bergabung ke dalam kelompok Askeladd dan terjebak di tengah peperangan.

Mampukah Thorfinn mengalahkan Askeladd dan membalaskan dendamnya?

Review Vinland Saga

Dengan mengusung tema sejarah, manga Vinland Saga mampu menggabungkan tokoh serta peristiwa bersejarah pada jaman itu dengan kisah fiksi Thorfinn, seorang pemuda yang tumbuh dengan keinginan balas dendam yang kuat.

Manga ini pantas mendapa pujian karena penceritaan dan penggambaran karakter-karakternya yang epic, penuh akan aksi petualangan nan brutal. Vinland Saga sukses menjadi seri yang menceritakan kisah Thorfinn sebagai seseorang pemuda yang tumbuh bersama kekerasan dan perubahan sejarah yang dramatis pada kala itu.

Vinland Saga memberi cita rasa mendalam akan sebuah manga bertema sejarah. Terlepas dari akurat atau tidaknya peristiwa yang dijadikan tema cerita.

Kekerasan, kepolosan, Kebanggaan, pengkhianatan, dan pencarian adalah inti dari cerita Vinland Saga.

Dari protagonis utama Thorfinn yang awalnya hanya seorang bocah polos, yang kemudian terpaksa menjadi seorang petarung dengan tujuan membalaskan kematian ayahnya. Bocah polos yang dibutakan dendam ini perlahan tumbuh menjadi seorang pria melalui kehidupan kejam yang sudah dia lewati.

Sebagai tambahan, cerita manga Vinland Saga dibumbui dengan beberapa jenis konflik seperti perebutan kekuasaan, politik, moralitas, perang, dan strategi.

Sang mangaka, Makoto Yukimura berhasil membuat Vinland Saga sebagai karya seni yang digambar dengan keren, latar yang dibuat dengan baik, serta penulisan narasinya yang kreatif. Semua itu membuat manga Vinland Saga mengesankan dalam banyak aspek.

Karakter

Berikut merupakan karakter-karakter penting dalam manga Vinland Saga:

Thorfinn

vinland saga thorfinn
vinland saga thorfinn

Berawal dari seorang anak yang polos, Thorfinn tumbuh menjadi seorang petarung berpengalaman dengan satu tujuan, yaitu untuk membalaskan dendam ayahnya, Thors. Thorfinn adalah protagonis utama Vinland Saga.

Dengan bersenjatakan dua bilah pedang pendeknya, Thorfinn mampu mengalahkan lawan-lawannya dengan serangan cepat dan penuh perhitungan.

Thors Snorresson

vinland saga thors
vinland saga thors

Meskipun dia gugur di awal seri, tak perlu diragukan lagi bahwa Thors merupakan seorang Viking terkuat dalam cerita Vinland Saga. Ini dibuktikan di chapter pembuka manganya, diperlihatkan Thors yang mampu mengalahkan seluruh prajurit yang ada di atas armada kapal musuh sendirian.

Karena kekuatannya ini, Thors mendapatkan julukan sebagai “Troll of Jom”. Di akhir masa kejayaannya dia menikah dengan Helga dan memiliki dua orang anak bernama Ylva dan Thorfinn.

Askeladd

askeladd vinland saga
askeladd vinland saga

Seorang komandan prajurit bayaran Viking yang cerdas, licik, serta karismatik, Askeladd membuktikan dirinya sebagai seorang pemimpin yang hebat. Dari reputasinya itu, Floki mengontraknya untuk menghabisi Thors.

Askeladd bukan hanya seorang pemimpin karismatik, tetapi juga seorang yang brilian dengan ketrampilan bertarung yang tinggi.

Keterampilan bertarungnya dibuktikan saat dia berhasil mengalahkan Thors dengan serangan mendadak yang dieksekusi secara cerdas.

Pada masa kejayaannya, Askeladd adalah seorang prajurit yang sangat kuat, sebab kekuatan dan kecepatannya menurun seiring bertambahnya usia.

Canute

vinland saga canute
vinland saga canute

Seorang yang lemah dan pemalu, itulah Canute. Di awal seri dia diperlihatkan selalu didampingi pengawalnya, Ragnar dan seorang pendeta. Barulah saat dia bertemu denga Askeladd dan Thorfinn, Canute mulai berubah menjadi sosok yang percaya diri.

Setelah menghabiskan waktu yang cukup lama bersama kelompok Askeladd, Canute berubah menjadi sosok calon raja muda yang mahir menangani suatu kondisi untuk kepentingannya.

Thorkell

vinland saga thorkell
vinland saga thorkell

Tampil sebagai karakter yang memiliki fisik terkuat, Thorkell adalah salah satu karakter paling ditakuti dalam manga Vinland Saga. Dengan tubuh tinggi, besar dan berotot, Thorkell mendapat julukan sebagai “Thorkell the Tall”.

Thorkell merupakan sosok yang periang dan suka bersenang-senang baik itu di dalam maupun di luar medan perang. Dia digambarkan hampir selalu tersenyum dan tertawa. Saat jauh dari pertempuran, dia menjadi tidak bersemangat dan mudah tersinggung.

Floki

vinland saga floki
vinland saga floki

Terkenal sebagai salah satu pejuang Viking yang kuat, Floki merupakan salah satu komandan utama pasukan Viking di bawah Sweyn selama invasi Inggris.

Dia merupakan seorang yang ambisius, dingin dan penuh perhitungan. Selain itu, Floki juga cukup licik, sebab dia lah yang menyewa Askeladd dan krunya untuk menjebak dan membunuh Thors.

Bjorn

björn vinland saga
björn vinland saga

Serupakan tangan kanan Askeladd yang paling setia. Bjorn memiliki kekuatan, ketangguhan, dan keterampilannya yang membuatnya berhak mengisi posisi wakil komandan kelompok Askeladd.

Meski dia tidak terlalu pintar, Bjorn menebus kurangnya dengan kelicikan dan kekuatan fisiknya yang luar biasa

Kesimpulan

Ditulis dan diilustrasikan oleh mangaka Makoto Yukimura, Vinland Saga dapat dikatakan berhasil menjadi salah satu manga aksi terbaik yang bertemakan sejarah.

Bagaimana apa kamu penasaran dengan aksi Thorfinn dalam membalaskan dendam? Atau mungkin kamu tertarik dengan tema sejarah yang dibawakannya?

Kamu bisa menjadikan pembahasan seputar manga Vinland Saga ini sebagai landasan sebelum kamu memutuskan untuk terjun langsung ke dalam ceritanya.

Kamu bisa membaca manga Vinland Saga di platform baca komik favoritmu, usahakan yang legal ya 😁..

Sekian pembahasan dari saya.

Terima kasih.

JudulVinland Saga
JenisManga (Seinen)
StatusPublishing
Diterbitkan13 April 2005 – ?
GenreAction, Adventure, Drama
SerialisasiAfternoon
AuthorsMakoto Yukimura (Cerita & Gambar)
Vinland Saga
manga vinland saga 11

Manga Vinland Saga merupakan seri komik Jepang karya Makoto Yukimura Manga ini mengusung genre action, adventure dan history.

URL: https://myanimelist.net/manga/642/Vinland_Saga

Penulis: Makoto Yukimura

Peringkat Editor:
4.5

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top