Sinopsis Vagabond dan Review Perjalanan Pendekar Pedang

Sinopsis Vagabond

Sinopsis Vagabond karya Takehiko Inoue yang diadaptasi dari cerita novel Musashi karya Eiji Yoshikawa. Sinopsis Vagabond mengisahkan tentang Miyamoto Musashi, seorang samurai yang berambisi untuk menjadi pendekar pedang paling hebat di dunia.

Meski diangkat berdasarkan novel Musashi karya Eiji Yoshikawa, alur cerita manga ini tidak 100% sama persis dengan versi novelnya.

Dipublikasikan oleh Kodansha dan beredar di Jepang sejak tahun 1998, sedangkan di Indonesia manga Vagabond diterbitkan oleh Level Comics dalam bahasa Indonesia.

Dari 1998 sampai akhir tahun 2005, manga ini telah terbit sebanyak 21 jilid di Jepang. Sejak sekitar jilid ke-18, sang mangaka Takehiko Inoue mulai menggunakan kuas sepenuhnya untuk menggambar manga ini.

Di tahun 2002, Inoue mendapatkan Penghargaan Kebudayaan Osamu Tezuka berkat karyanya ini. Banyak orang menyukai Vagabond dari segi gambarnya yang realistis dan indah.

Namun manga ini menuai kritik sebab menampilkan tingkat kekerasan yang brutal, seperti saat adegan Takezo yang menyerang kepala musuhnya menggunakan pedang kayu sampai pecah dan isi otaknya keluar, dan masih banyak lagi adegan-adegan kekerasan yang berlebih.

Jika kamu suka membaca komik dengan genre action penuh kekerasan dengan gambar yang realistis, bisa jadi kamu akan menyukai manga Vagabond ini.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang sinopsis Vagabond berserta review singkatnya untuk kamu yang penasaran mengenai cerita manga ini.

Ok.. tanpa basa-basi lagi yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Sinopsis Vagabond

Manga Vagabond berawal dari kisah Shinmen Takezo dan temannya, Honiden Matahachi yang telah selesai berperang di pertempuran Sekigahara dan menjadi buronan perang setelah pihak yang mereka bela kalah.

Mereka berdua pun mati-matian mencari perlindungan dan melarikan diri dari kejaran para pemburu prajurit buronan yang kalah perang.

Di tengah pelarian, mereka bertemu dengan ibu dan anak bernama Oko dan putrinya, Akemi. Mereka lalu memutuskan untuk menginap di rumah Oko. Namu tiba-tiba muncul gerombolan perampok yang dipimpin oleh Tsujikaze Tenma, para perampok ini biasa merampok dari mayat-mayat samurai yang gugur dalam medan perang.

Dia sengaja mendatangi rumah Oko untuk merampas peralatan perang yang diambil Oko dari medan perang. Tak ingin diam saja, Takezo dan Matahachi melawan Tsujikaze Tenma beserta anak buahnya untuk melindungi Oko dan anaknya. Pada akhirnya Takezo berhasil mengalahkan Tsujikaze Tenma.

Setelah kejadian itu, Matahachi memutuskan pergi bersama Oko. Sedangkan Takezo memilih untuk kembali ke desa Miyamoto untuk mengabarkan kepada ibunya Matahachi bahwa anaknya masih hidup dan memilih hidup bersama dengan seorang wanita bernama Oko.

Akan tetapi ibu Matahachi tidak memercayai omongan Takezo, dia malah mengumpulkan para penduduk desa untuk mengejar dan membunuh Takezo yang dituduh telah menghasut dan mencelakai anaknya untuk ikut berperang.

Takezo pun tertangkap oleh seorang biksu bernama Takuan Soho dan teman kecil masa kecilnya, Otsu. Takezo yang tertangkap dibiarkan tergantung di pohon selama berhari-hari tanpa makan.

Ibu Matahachi sendiri berharap supaya Takezo cepat mat, akan tetapi Takuan Soho malah membebaskan Takezo dan memerintahkannya untuk pergi sejauh mungkin dari desa. Sejak saat itu nama Shinmen Takezo berubah menjadi Miyamoto Musashi.

Setelah meninggalkan desa itu, Muashi berambisi mengelilingi dataran Jepang untuk menemukan dan menantang semua samurai terkuat.

Dimulai dari perguruan Yoshioka. Di sana dia berduel dengan Yoshioka Denshichiro dan Yoshioka Seijurou sebagai yang terkuat di Dojo tersebut.

vagabond manga english
vagabond manga english

Setelah itu Muashi pergi ke Hozoin. Di sini dia menentang ketua perguruan Hozoin yang ahli menggunakan tombak, Hozoin Inshun.

Setelah bertarung dengan beberapa perguruan terkenal, Musashi mulai menantang samurai-samurai hebat seperti Yagyu Muneyoshi Sekihusai, Sishido Baiken dan masih banyak lagi.

Review Manga Vagabond

Setelah kamu membaca sinopsis Vagabond di atas, kamu mungkin menyadari kalau hal yang paling mencolok dari manga Vagabond adalah visualnya. Adegan kekerasan, sadis, dan dewasa digarap dengan sangan epic, meskipun hal inilah yang menyebabkan Vagabond mendapat banyak kritik.

Visual

Visualnya sangat detail, dibalut panel-panel dan background gambar yang memanjakan mata. Dialog dan ekspresi dari karakter-karakternya juga dibuat dengan mendetail, menyatu dengan latar serta keluar banget.

Cara sang mangaka sukses mengilustrasikan adegan-adegan gore dengan sangat nyata, seperti saat Musashi mencoba motong kepala musuhnya namun hanya terpotong sebagian. Atau waktu Kojiro menusuk musuhnya dari perut sampai ke dada dan banyak lagi adegan gore yang mungkin membuatmu tidak nyaman.

vagabond online
vagabond online

Hanya dengan melihat gambarnya saja bisa membuat pembaca seakan-akan merasakan langsung bagaimana rasanya tertebas pedang. Saya sendiri terkadang merasa merinding, geli dan tidak nyaman melihat kegilaan sang mangaka, Takehiko Inoue dalam mengilustrasikan karyanya ini.

Cerita

Manga Vagabond mengambil tema cerita di jaman kejayaan para samurai. Selain tema samurai manga ini juga menghadirkan banyak tokoh-tokoh sejarah Jepang yang berkaitan pada jaman itu.

Dari awal kisahnya kita bisa tau bagaimana sifat sang protagonis Vagabond berkemban, mulai dari masa kanak-kanaknya sampai dia dewasa dan bermimpi menjadi yang terkuat lewat jalan samurai.

Petualangan Musashi dalam menempuh jalan pedang yang penuh akan beragam musuh kuat membuatnya berkembang pesat dalam seni berpedang dan pemahamannya mengenai kehidupan semakin luas.

Vagabond memiliki pengembangan karakter yang matang, membuat pembaca bisa menikmati alur ceritanya dengan lebih enak.

Selain character development-Nya yang bagus, drama yang diangkat dalam perjalanan Musashi juga enak untuk diikuti. Kebanyakan drama yang ada lebih menonjolkan unsur kebencian dan balas dendam.

Semua karakter penting dalam cerita mempunyai kepribadian dan masalah masing-masing, semakin dalam cerita berlangsung, kita bisa menyaksikan berbagai macam sifat manusia dan tujuannya yang bisa kita jadikan pelajaran hidup.

Meski terkadang ada saja bagian-bagian yang menurut saya membosankan, tetapi bisa jadi tegang seketika terutama saat adegan pertarungan dimulai.

Secara keseluruhan, saya pribadi sangat merekomendasikan manga Vagabond untuk orang-orang yang menyukai kisah samurai Jepang.

Karakter Vagabond

Berikut ini adalah karakter manga Vagabond yang berpengaruh dalam ceritanya:

Musashi Miyamoto

Miyamoto Musashi
Miyamoto Musashi

Lahir dengan nama Takezou Shinmen tapi kemudian dia mengubahnya menjadi Musashi Miyamoto setelah kabur dari desanya. Dia adalah seorang pemuda yang bertekat untuk menjadi pendekar pedang terkuat.

Dalam sejarah, Musashi dianggap sebagai salah satu pendekar pedang terhebat di Jepang. Dia sangat terobsesi untuk menjadi “Tak Terkalahkan” sampai dia akhirnya tersadar kalau itu hanyalah gelar yang tak berarti dan menunjukkan betapa terbatasnya dia.

Matahachi Honiden

Honiden Matahachi
Honiden Matahachi

Merupakan teman seperjuangan Musashi Miyamoto /Shinmen Takezo, mereka bermain dan berlatih pertarungan pedang bersama. Matahachi saat  berusia 17 tahun memutuskan untuk bergabung dengan pasukan Toyotomi bersama Takezo melawan klan Tokugawa dalam pertempuran Sekigahara.

Dia sering berbohong untuk menutupi situasinya yang sulit, meskipun kebohongan ini biasanya membawa lebih banyak masalah. Matahachi juga seorang pemabuk dan penggoda wanita, dia memiliki beberapa pasangan selama seri berlangsung.

Otsu

Vagabond Otsu
Vagabond Otsu

Seorang yatim piatu yang tumbuh di desa Miyamoto, Otsu juga merupakan teman dekat Musashi. Otsu bertubuh ramping, kulit putih dan memunyai rambut panjang yang terikat ke belakang, memakai kimono sebagai pakaian kesehariannya.

Kesimpulan

Tangan dingin Takehiko Inoue berhasil menciptakan sebuah maha karya terbaik di antara sekian banyak manga yang mengusung tema samurai.

Dari sinopsis Vagabond hingga reviewnya, kita tahu kalau karya ini bukanlah manga biasa, tapi lukisan yang punya alur cerita. Gambar ilustrasinya terlalu detail, realistis dan epik dari rata-rata manga dengan tema serupa.

Meski sangat populer di kalangan pecinta komik (saat artikel ini dibuat) manga Vagabond masih belum mendapatkan adaptasi anime. Kebanyakan fans Nya setuju Vagabond tidak perlu mendapat mendapat anime sebab mereka takut bahwa studio tak akan mampu membuat detail visual serealistis manga Nya.

Meski begitu, di akhir tahun 2022 ini saya mendengar kabar kalau manga Vagabond akan segera mendapatkan adaptasi anime. Terlepas dari kebenarannya, kita tunggu saja apakah ada studio animasi Jepang yang mampu memvisualisasikan Vagabond menjadi seri anime yang keren.

Nah.. mungkin itu aja pembahasan dari saya seputar manga Vagabond. Kalo kamu punya pendapat sendiri mengenai manga ini atau sekedar mau sharing, kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar.

Dan untuk kamu yang belum baca komik tentang samurai ini, kamu bisa coba baca artikel saya tentang fakta manga Vagabound yang bisa kamu jadikan referensi atau bisa memberi sedikit gambaran mengenai seri aksi ini.

Sampai jumpa di artikel ImajiBlog lainnya.. Terima kasih…

JudulVagabond
JenisManga (Seinen)
Status
Diterbitkan3 September 1998 – 21 Mei 2015
GenreAction, Adventure
SerialisasiMorning
AuthorsTakehiko Inoue (Cerita & Gambar), Eiji Yoshikawa (Cerita)
Manga Vagabond
Vagabond
sinopsis vagabond 8

Sinopsis Vagabond karya Takehiko Inoue menceritakan kisah Miyamoto Musashi yang bertekat untuk menjadi pendekar pedang terkuat.

URL: https://myanimelist.net/manga/656/Vagabond

Penulis: Takehiko Inoue

Peringkat Editor:
4.6

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top