9 Cara Membuat Karakter Komik Untuk Pemula

Membuat Karakter Komik

Hai teman-teman! Tahukah kamu kalau komik merupakan salah satu media hiburan yang banyak digemari oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak remaja hingga orang dewasa. Supaya komik bisa digemari banyak orang, si komikus harus mampu membuat karakter komik yang menarik.

Nah, kalau kamu juga memiliki kegemaran terhadap komik dan ingin membuat komikmu sendiri, hal pertama yang mungkin kamu lakukan sebelum membuat komik pastilah menciptakan sebuah karakter terlebih dahulu.

Membuat karakter komik harus memiliki keunikan dan tujuan agar bisa menarik pembaca untuk mengikuti kisahnya. Karakter adalah unsur penting yang menggerakkan cerita sebuah komik menjadi lebih hidup.

Komik yang populer biasanya memiliki karakter utama dengan latar belakang dan sifat unik yang susah dilupakan, sebut saja Naruto, Doraemon, Luffy, dan masih banyak lagi.

Membuat Karakter Komik

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips mengenai cara membuat karakter komik bagi pemula. Jika kamu sering membaca komik, pasti kamu punya satu atau lebih karakter favorit kan? Tapi pernah tidak sih kamu berpikir atau setidaknya mencoba untuk membuat karakter komik sendiri?

Untuk membuat karakter komik, pastikan kamu mempunyai ide karakter yang mempunyai ciri khas, unik, lucu atau kepribadian apa pun sesuai dengan seleramu.

Kamu bisa membuat karakter komik yang menarik dan sulit dilupakan oleh para pembaca, untuk itu kamu bisa mencoba langkah-langkah sederhana berikut ini!

1. Pilih Bentuk dan Jenis Karakter

Yang saya maksud dari bentuk dan jenis karakter ini adalah ras atau spesies mereka, bisa itu manusia, hewan, monster, alien atau jenis lainnya. Buat semenarik mungkin. Sesuaikan dengan tema cerita yang ingin kamu bawa.

2. Tentukan Jenis kelamin/Gender karakter

Menentukan jenis kelamin karakter akan mempengaruhi bentuk tubuh, ekspresi, dan aksesoris yang dikenakan. Meskipun terkadang ada saja komikus yang menggambar karakter dengan gender yang ambigu (kebanyakan berasal dari Jepang) tetapi tetap saja ini adalah suatu hal yang penting dalam membuat karakter komik.

jenis kelamin Kamu mesti jelas dalam menentukan jenis kelamin karakter, yaitu laki-laki atau perempuan. Supaya ke depannya kamu lebih mudah untuk menentukan.

3. Menentukan Kepribadian Karakter

Untuk menentukan kepribadian karakter dengan cara mudah kita bisa mencoba tips yang populer dipakai oleh mangaka Jepang dalam menciptakan karakter baru.

Mereka biasanya menggunakan golongan darah untuk pengelompokan sifat kepribadian si karakter. Kenapa harus dengan golongan darah? Sebab di Jepang golongan darah dianggap sebagai penentu kepribadian seseorang.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan pengelompokan di bawah ini untuk menentukan kepribadian karakter yang kamu buat.

  • Gol. Darah O: optimis, percaya diri, punya keinginan kuat, sulit ditebak dan sering cuek pada lingkungan sekitar.
  • Gol. Darah A: bertanggung jawab, kreatif, tertutup, keras kepala, dan mudah cemas.
  • Gol. Darah B: aktif dan bersemangat, tetapi juga egois dan kurang bertanggung jawab
  • Gol. Darah AB: kritis, rasional, mudah beradaptasi, dan pelupa.

4. Menyeimbangkan kepribadian karakter

Jika kamu ingin cerita komik buatanmu terlihat realistis maka diperlukan penyeimbangan kepribadian karakter. Tentukan berapa banyak sifat baik dan sifat buruk yang menjadi dasar kepribadian karakter.

Saya sarankan untuk membuat sifat buruk karakter buatanmu jauh lebih banyak ketimbang sifat baiknya, ini dimaksudkan supaya sering berjalannya cerita nanti si karakter akan mengalami perkembangan dan perubahan menjadi lebih baik.

Berikut contoh sifat kepribadian buruk yang bisa kamu tambahkan pada karakter di komikmu:

  • Pemalas
  • Manipulatif
  • Egois
  • Sombong
  • Pemalu
  • Tidak percaya diri
  • Mudah menyerah
  • Tidak dapat mengendalikan diri dengan baik
  • Dan lain-lain.

5. Pose/Postur/Gesture Karakter

Kita semua tahu bahwa sifat seseorang bisa terlihat dari perilakunya. Setelah kamu memilih kepribadian apa yang cocok, sebisa mungkin membuat pembaca mengenali sifat karakter tersebut hanya dengan melihat cara dia berdiri atau melakukan sesuatu.

6. Pilih Gaya Busana dan Aksesoris Karakter

Karakter komik yang unik memiliki gaya busana dan aksesoris yang menjadi ciri khasnya diambil dari kepribadian dan postur si karakter. Perhatikan detailnya, seperti model baju dan panjang pendeknya pakaian dan warna yang mendominasi.

7. Menentukan usia karakter

Hal sederhana tapi juga krusial yang harus ditentukan dari karakter komik adalah usianya karena usia juga mempengaruhi kepribadian seseorang.
Semakin muda seseorang makan cenderung memiliki sifat naif, kurang berpengalaman dan masih sering melakukan banyak kesalahan. Sedangkan untuk karakter yang berumur lebih tua akan cenderung memiliki sifat dewasa, bijak dan berpengalaman.

Kamu bisa menentukan usia karakter dengan berpedoman pada zodiak barat maupun timur. Dari sini kamu bisa menentukan tahun lahir serta tanggal lahir karakter. Selain untuk menentukan usia, zodiak juga bisa dipakai untuk menentukan kepribadian karakter komikmu.

8. Gunakan Nama Yang Menarik

Nama adalah identitas yang akan terus melekat pada karakter komik, pastikan kamu memberikan nama yang unik tapi tetap mudah di ingat! Alangkah baiknya hindari penggunaan nama tokoh terkenal atau nama-nama aneh yang tidak lazim didengar. Apa lagi jika kamu memakai latar tema yang realistis.

Coba pilih nama yang berkaitan dengan tema tempat si karaktermu berasal. Misalnya bila karakter buatanmu berasal dari Inggris maka pilihlah nama yang memiliki unsur Inggris, tidak mungkinkan kita memberi nama karakter yang berasal dari Inggris dengan sebutan Ucok.

9. Buat Ilustrasi/Sketsa Karakter

Setelah menentukan kepribadian sampai nama sang karakter, langkah selanjutnya adalah membuat sketsa dari karakter sesuai dengan apa yang kamu bayangkan. Jangan lupa perhatikan detail-detail yang sudah kamu buat berdasarkan poin-poin di atas tadi agar karaktermu terlihat lebih realistis.

Syarat Utama Membuat Karakter Komik

Sebenarnya tidak ada syarat atau aturan baku yang harus diikuti untuk membuat karakter komik. Tapi, beberapa syarat utama bisa membantu membuat karaktermu lebih hidup.

1. Kenali kepribadian karakter dengan baik

Apakah dia ramah, pemalu, pemberani, atau mungkin kombinasi dari semuanya?

Ini akan membantu kamu menentukan bagaimana karakter itu berinteraksi dengan dunia di sekitarnya.

2. Berikan karakter tujuan atau konflik yang menarik

Seperti dalam kehidupan nyata, orang-orang memiliki impian, keinginan, atau masalah yang ingin diatasi.

Karakter yang memiliki dimensi seperti itu akan lebih memikat pembaca.

3. Desain visual karakter yang mencerminkan kepribadian dan latar belakangnya

Dan yang tidak kalah pentingnya adalah desain visual karakter. Buatlah penampilannya mencerminkan kepribadian dan latar belakangnya.

Beberapa dari karakter favorit saya dalam komik memiliki desain yang kuat dan mudah diingat.

4. Berikan sentuhan unik

Terakhir, jangan takut untuk memberikan karaktermu sentuhan unik atau keunikan.

Mungkin ada kebiasaan aneh, hobi unik, atau cara berbicara khas yang membuatnya berbeda. Ingatlah, karakter yang unik dan memiliki kedalaman akan lebih mudah dikenali dan diingat oleh pembaca

Itu dia tahapan cara membuat karakter komik yang baik dari ImajiBlog, semoga artikel ini bisa menjadi panduanmu saat membuat model karaktermu. Selamat berkarya..!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top