Cara Download Sweet Home 3D Gratis Untuk Desain Rumah

Download Sweet Home 3D

Sweet Home 3D adalah software desain rumah gratis (open-source). Jika pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang daftar aplikasi desain rumah 3D PC gratis, maka pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang cara download Sweet Home 3D gratis untuk mendesain rumah.

Meskipun merupakan software gratis, Sweet Home 3D memiliki serangkaian alat yang cukup kuat untuk membuat desain rumah kustom.

Karena berlabel “gartis”, software ini teuntu memiliki beberapa kekurangan kekurangan jika dibandingkan dengan software desain rumah premium.

Perpustakaan objek di Sweet Home 3D terbatas, antarmukanya sedikit ketinggalan zaman, dan gambar 3D yang dihasilkan terbilang kurang memuaskan.

Meskipun begitu kamu tetap bisa menggambar desain rumah 2D dengan jendela, pintu, dan elemen desain lainnya menggunakan Sweet Home 3D. Kamu juga bisa menguji tata letak furnitur dan membuat tampilan 3D dasar untuk dipresentasikan.

Sweet Home 3D bisa menjadi pilihan yang tepat bagi para pemula maupun profesional di bidang perumahan dengan anggaran terbatas dan hanya perlu membuat desain rumah sesekali.

Cara Download Sweet Home 3D dan Installasinya

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh dan menginstal Sweet Home 3D:

  1. Untuk download Sweet Home 3D. Buka halaman web resmi Sweet Home 3D di https://www.sweethome3d.com/.
  2. Di halaman utama, klik pada tombol “Unduh” yang terletak di menu navigasi atas.
  3. Kamu akan diarahkan ke halaman unduhan. Di sana, kamu akan melihat opsi untuk mengunduh Sweet Home 3D untuk berbagai sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux. Pilih opsi yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan.
  4. Setelah memilih opsi yang tepat, klik pada tautan unduhan yang terkait dengan sistem operasi.
  5. Proses unduhan akan dimulai. Tunggu hingga unduhan selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada kecepatan internet.
  6. Setelah unduhan selesai, buka file instalasi Sweet Home 3D yang baru saja kamu unduh.
  7. Ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar. Biasanya, kamu akan diminta untuk menyetujui persyaratan penggunaan dan memilih lokasi instalasi.
  8. Setelah proses instalasi selesai, Sweet Home 3D akan siap digunakan.
  9. Buka aplikasi Sweet Home 3D dan mulai merancang desain interior rumah dengan mudah.

Antarmuka Sweet Home 3D

Sweet Home 3D terbagi menjadi empat panel dengan toolbar yang dapat diubah ukurannya. Setiap panel bisa dimanfaatkan untuk mengedit desain interior sebuah rumah.

Download Sweet Home 3D
Sweet Home 3D

1. Panel Katalog Furnitur

Katalog ini, yang diatur berdasarkan kategori, berisi semua furnitur dan objek yang dapat kamu tambahkan ke dalam desain rumah. Kamu dapat menampilkan furnitur dari suatu kategori dengan mengklik segitiga di samping namanya.

2. Panel Daftar Furnitur Rumah

Daftar ini berisi furnitur rumah, di mana nama, ukuran, dan karakteristik lainnya dapat dengan bebas kamu gunakan. Daftar ini dapat diurutkan dengan mengklik judul setiap kolom.

3. Panel Rencana Rumah

Panel ini menampilkan desain rumah yang sudah kamu buat, dengan grid dan aturan-aturan di sekitarnya. Kamu bisa menggambar dinding rumah dengan mouse di panel ini dan menyusun furnitur di dalamnya.

4. Panel Tampilan 3D Rumah

Panel ini menampilkan desain rumah dalam 3 dimensi. Kamu bisa melihat desain rumah di panel ini dari atas atau dari sudut pandang pengunjung virtual.

Setiap panel dapat memiliki fokus (yaitu menerima masukan dari keyboard), dan beberapa operasi tergantung pada panel yang fokus (bisa dilihat dari kotak berwarna yang mengelilinginya) misal; rencana rumah memiliki fokus pada gambar 2. Untuk memindahkan fokus ke panel lain, gunakan tombol Tab dan Shift + Tab, atau klik pada panel yang harus mendapatkan fokus.

Semua modifikasi yang dilakukan pada rencana rumah dapat diurungkan/diulangi dengan mengklik tombol Undo dan Redo pada toolbar. Jangan ragu untuk mencoba berbagai operasi yang ditawarkan oleh software Sweet Home 3D.

Kesimpulan

Sweet Home 3D adalah perangkat lunak desain gratis dengan antarmuka dan berbagai fitur yang bisa kamu gunakan dengan mudah dalam merancang desain rumah.

Dengan download Sweet Home 3D, kamu bisa dengan mudah mendesain rumah secara gratis dalam tampilan 2D dan 3D. Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan dan berkreasilah dengan desain yang unik sesuai keinginan.

Selamat mencoba dan berkereasi dengan download Sweet Home 3D!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top