Cara Menggunakan Fitur Grup Mendeley Untuk Kolaborasi

Fitur Grup Untuk Kolaborasi Pada Mendeley

Mendeley menyediakan fitur grup yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan anggota tim atau rekan penelitian dalam pengelolaan referensi dan pembuatan daftar kutipan.

Fitur ini sangat berguna bagi para peneliti yang bekerja dalam tim atau sedang mengadakan kolaborasi penelitian dengan banyak orang.

Fitur kolaborasi antar pengguna ini dapat digunakan untuk membuat grup lokal atau global, berbagi referensi dan dokumen dengan pengguna lain dalam grup, berdiskusi secara online di dalam grup, serta menambahkan komentar dan highlight pada dokumen bersama.

Dengan fitur-fitur tersebut, para pengguna Mendeley dapat bekerja sama dengan tim untuk mengelola referensi dan membangun daftar kutipan dengan lebih mudah dan efektif.

Menggunakan Fitur Grup Mendeley

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu manfaatkan dengan menggunakan grup Mendeley:

1. Membuat Grup

Kamu bisa membuat grup dan mengundang anggota tim atau rekan penelitian untuk bergabung dengan grup yang sudah kamu buat. Dalam grup, semua anggota dapat mengakses dan memperbarui referensi dan dokumen yang telah ditambahkan oleh anggota lain.

2. Berbagi Referensi

Dalam grup, anggota dapat berbagi referensi yang relevan dengan topik penelitian. Hal ini memungkinkan semua anggota tim untuk mengakses referensi tersebut dan memperbarui informasi referensi jika diperlukan.

3. Kolaborasi Membuat Daftar Kutipan

Anggota tim bisa bekerja sama untuk membuat daftar kutipan yang akan digunakan dalam penelitian. Setiap anggota dapat menambahkan referensi ke daftar kutipan dan mengedit kutipan untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dengan format penulisan yang diinginkan.

4. Diskusi

Fitur grup Mendeley juga memungkinkan anggota tim untuk berdiskusi tentang topik penelitian dan pertanyaan yang muncul selama proses penelitian. Diskusi ini dapat dilakukan dalam forum grup atau melalui pesan langsung antara anggota grup.

5. Penjadwalan

Anggota tim bisa menggunakan fitur grup pada Mendeley untuk mengatur jadwal pertemuan dan memastikan bahwa semua anggota memiliki waktu yang sama untuk bekerja pada proyek penelitian.

Berikut ini adalah penjelasan dan langkah-langkah untuk menggunakan fitur grup untuk berkolaborasi pada Mendeley.

Jenis-Jenis Grup

Ada tiga jenis pilihan yang dapat dibuat di grup Mendeley, yaitu:

1. Open (Terbuka)

Grup terbuka memungkinkan siapa saja untuk berkontribusi, menjadi anggota, atau mengikuti grup tersebut.

2. Invite-Only (Hanya Undangan Saja)

Jenis grup ini memungkinkan kamu untuk berbagi referensi, tetapi tidak berbagi file, dan dapat dilihat secara publik.

3. Private (Pribadi)

Grup pribadi memungkinkan kamu untuk berbagi file dan catatan antara anggota. Grup ini tidak terlihat oleh orang lain di luar grup. Kamu bisa mengatur grup “hanya bisa dibaca” atau memberikan hak istimewa kepada anggota untuk mengedit grup milikmu.

Cara Membuat Grup Mendeley

Untuk membuat grup di Mendeley, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik Create Group di menu sebelah kiri pada tampilan Mendeley.

mendeley download

2. Berikan nama pada grup (wajib diisi), tuliskan deskripsi (opsional), dan pilih apakah grup ingin dibuat sebagai publik atau “Open (Terbuka)”, “Invite-Only (Hanya Undangan Saja)”, atau Private (Pribadi). Setelah itu, klik Create group.

mendeley adalah

3. Mendeley akan meminta kamu untuk mengundang anggota ke dalam grup. Ketik alamat email anggota grup (atau lebih), lalu klik Send invites. Kamu juga bisa memilih untuk mengundang anggota lain nanti dengan meng-klik Skip.

mendeley web

Catatan: Si penerima undangan tidak perlu memiliki perpustakaan Mendeley untuk menerima undangan, mereka akan diminta untuk membuat akun jika belum memiliki.

4. Kamu bisa mengelola grup, mengubah detail, mengundang anggota baru, serta melihat riwayat aktivitas grup dari halaman Grup Mendeley.

Cara Join/Bergabung Dengan Grup Mendeley

Jika seseorang mengundang kamu untuk bergabung ke dalam grup Mendeley, maka kamu akan menerima notifikasi melalui email. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik tautan Join this group yang terdapat pada email pemberitahuan tersebut.

mendeley online

2. Kamu akan diarahkan ke situs web Mendeley dan diminta untuk melakukan login. Kemudian, kamu akan melihat daftar grup yang telah diundang. Klik tombol “Accept” atau “Decline”:

mendeley word

3. Setelah kamu menerima undangan tersebut, grup tersebut akan muncul di perpustakaan Mendeley kamu di bagian Grup.

mendeley mac

Catata: kamu mungkin perlu melakukan sinkronisasi perpustakaan untuk grup tersebut agar muncul.

mendeley desktop mac

Bekerja Bersama Tim dan Berbagi Dokumen

Setelah sebuah dokumen dibagikan dengan grup private, semua anggota memiliki akses untuk mengunduh dan membaca dokumen tersebut.

Mendeley juga mempermudah proses kolaborasi dengan menyediakan berbagai fitur untuk memungkinkan kamu bekerja sama dengan anggota grup lainnya.

mendeley
mendeley

Dengan mengakses dokumen yang telah dibagikan melalui grup privat, kamu bisa menandai atau menambahkan catatan untuk menarik perhatian rekan kerja pada bagian yang sangat relevan atau memberikan detail tambahan sesuai kebutuhan.

Semua komentar juga akan mencantumkan catatan dari pengguna yang membuatnya dan kapan waktu komentar tersebut dibuat, sehingga memudahkan kamu dalam memahami catatan tersebut.

Tab anotasi di panel sebelah kanan pada Mendeley Reference Manager memberikan gambaran dari semua komentar yang dibuat dalam sebuah dokumen, kamu juga bisa langsung melihat anotasi yang dibuat oleh rekan kerja dengan mengklik komentar tertentu.

Nah, mudah sekali bukan membuat dan menggunakan grup Mendeley? Semoga artikel dari ImajiBlog ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top